Cara Cek Angsuran KUR BRI Lengkap dan Terupdate

Kredit modal biasa dilakukan oleh para pebisnis untuk menunjang aktivitas bisnisnya agar lebih maksimal, salah satunya dengan KUR BRI. Meminjam dana juga tentu saja harus mengembalikannya dengan cara dicicil, sehingga penting untuk mengetahui cara cek angsuran KUR BRI untuk memastikan sisa cicilan.

Di awal angsuran (baca : angsuran KUR BRI) tentu saja Kamu masih mengingat sudah membayarnya berapa kali serta sisanya. Tapi lama kelamaan bisa saja Kamu lupa berapa sisa nilai yang harus dibayarkan. Sehingga sangat perlu untuk cek angsuran KUR BRI untuk memastikannya.

Cara Mengecek Angsuran KUR di Bank BRI

cara cek angsuran kur di bank bri

Untuk memastikan hal tersebut, maka Kamu bisa langsung mengeceknya sendiri. Sebab pihak bank BRI sudah menyediakan cara alternatif agar Kamu bisa melihat sendiri sisa angsuran. Sehingga segala sesuatunya memang sudah sangat transparan.

Berikut ini beberapa yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek angsuran KUR BRI baik secara online maupun offline.

1. Melalui Internet Banking BRI

Cara cek angsuran KUR BRI online yang pertama adalah dengan memanfaatkan layanan internet banking. Bagi Kamu yang sudah mengaktifkannya bisa dengan mudah melihatnya melalui beberapa langkah berikut ini.

  • Masuk ke browser untuk mengakses website internet banking BRI
  • Kemudian lanjutkan ke proses log in dengan cara memasukkan user ID dan password yang Kamu gunakan untuk mengakses internet banking BRI
  • Klik tombol yang ada di bagian kiri atas
  • Klik menu Rekening
  • Lanjutkan ke menu Rincian Pinjaman

2. Melalui Call Centre BRI

Cara paling mudah dan banyak dilakukan oleh nasabah BRI adalah dengan melakukan panggilan ke nomor call centre BRI yaitu 14017 atau 1500017.

Jika Kamu sudah tersambung ke costumer servicenya akan bisa langsung menyampaikan kebutuhan Kamu untuk mengetahui sisa angsuran KUR. Kemudian costumer service akan memberikan informasi mengenai berapa sisa jumlah angsuran yang harus Kamu bayarkan. Sangat mudah bukan?

3. Melalui ATM BRI

Salah satu cara yang juga sering dilakukan nasabah juga melakukan pengecekan melalui mesin ATM. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Yuk simak berikut cara cek angsuran KUR BRI melalui mesin ATM.

  • Masukan kartu ATM Kamu ke dalam masin ATM kemudian ketikan nomor PIN ATM dengan benar
  • Pilih Transaksi Lain
  • Pilih Pembayaran
  • Pilih Angsuran Pinjaman
  • Kemudian Kamu diharuskan memasukkan nomor kontrak yang digunakan untuk KUR BRI ataupun nomor CIF
  • Jika sudah, pilih Benar maka jumlah sisa angsuran bisa Kamu lihat.

4. Melalui Email

Kamu juga bisa memanfaatkan email untuk mengetahui jumlah sisa angsuran KUR BRI, dimana caranya tidak jauh berbeda dengan menghubungi call centre.

Caranya cukup dengan mengirimkan email berisikan format yang sudah ditentukan oleh BRI ke callbri@bri.co.id. Selanjutnya Kamu tinggal menunggu email balasan dari BRI, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk membalas email yaitu 1 x 24 jam.

5. Hitungan Manual

Jika Kamu masih mengingat berapa kali Kamu sudah melakukan pembayaran angsuran, maka cara hitung manual bisa dilakukan. Biasanya cara ini dilakukan oleh mereka yang sudah paham soal penghitungannya. Hal ini bisa diterapkan pula untuk memastikan bahwa sisa angsuran yang dibuat sesuai dengan penghitungannya.

Berikut ini cara cek cicilan KUR BRI secara manual :

  • Total jumlah KUR BRI (plafon dan bunga) = cicilan bulanan x tenor
  • Total angsuran yang sudah dibayarkan = cicilan bulanan x bulan yang sudah terlewat
  • Sisa angsuran = Total jumlah KUR BRI – total angsuran yang sudah terbayar

Sebenarnya cara manual ini tidaklah sulit jika Kamu paham dengan konsep peminjaman tersebut. Cara cek ini juga bisa Kamu lakukan untuk memastikan pihak bank melakukan penghitungan yang benar.

Keuntungan KUR BRI

cek kur bri

Jika Kamu sudah memahami bagaimana cara cek angsuran KUR BRI maka Kamu bisa memastikan berapa jumlah yang belum terbayarkan.

KUR BRI banyak dipilih oleh masyarakat karena keunggulannya, terutama soal dana yang termasuk paling besar. Bahkan target KUR BRI di tahun 2021 mencapai 170 triliun rupiah untuk segmentasi usaha mikro. Padahal di tahun sebelumnya angkanya yaitu 140 triliun rupiah, sehingga ada kenaikan sekitar 30 triliun rupiah. Hal tersebut menandakan bahwa BRI benar-benar fokus dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat.

Syarat untuk mengajukan kredit pun terbilang sangat mudah, terlebih adanya dukungan platform digital yang bisa digunakan untuk mengajukan dana KUR (baca : syarat KUR BRI). Hal ini menjadi nilai tambah karena permintaan kreditnya menjadi semakin meningkat.

Cara pembayaran cicilan pun terbilang sangat mudah, dimana pembayaran tersebut bisa dilakukan dengan fleksibel. Kamu bisa langsung membayarnya melalui teller BRI, ATM hingga melalui layanan digital dari BRI. Sehingga Kamu tidak harus mengantre di teller, terlebih jika waktu Kamu sangat sibuk.

Itulah informasi mengenai cara cek angsuran KUR BRI beserta keunggulan yang bisa Kamu dapatkan dengan melakukan peminjaman dana di BRI.

Butuh pinjaman bank dengan proses yang lebih cepat?
Coba Tunaiku. Pinjaman tunai hingga 30 juta dengan pengajuan online.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram