BPJS Nonaktif Karena Premi. Artinya dan Cara Mengaktifkan

Masalah yang paling umum ditemui oleh peserta BPJS Kesehatan mandiri adalah notifikasi BPJS nonaktif karena premi. Pesan ini biasanya muncul di aplikasi Mobile JKN di bagian “Info Peserta”. Pesan non aktif ini juga bisa dilihat disemua sistem BPJS Kesehatan. Jadi disemua fasilitas kesehatan yang bekerjasama petugas faskes bisa tahu bahwa status BPJS mu sedang tidak aktif.

Notifikasi pesan error diatas berhubungan dengan pembayaran BPJS Kesehatan. Ada yang salah dengan proses pembayaranmu sehingga pihak BPJS menonaktifkan kepesertaanmu. Apa yang salah dan bisakah error ini diperbaiki?

Maksud dari BPJS Nonaktif Karena Premi

maksud bpjs nonaktif karena premi

BPJS nonaktif karena premi artinya pembayaran iuran belum dilakukan sehingga konsekuensinya layanan kesehatan akan ditangguhkan atau akun BPJS menjadi nonaktif sampai kewajiban iuran dibayarkan.

Premi adalah iuran BPJS Kesehatan setiap bulan

BPJS Kesehatan adalah asuransi kesehatan. Pengelolaannya kurang lebih sama dengan asuransi konvensional, termasuk adanya iuran premi. Di BPJS Kesehatan kelas pelayanannya dibedakan menjadi kelas 1, 2 dan 3. Dimana setiap kelas tersebut memiliki besaran premi yang berbeda-beda dengan kelas 1 sebagai premi tertinggi.

Iuran yang kamu bayar tiap bulan inilah yang disebut premi. Karena premi ini wajib untuk dibayarkan maka ketika kewajiban tersebut belum ditunaikan maka fasilitas kesehatan yang diberikan akan dihentikan sementara.

BPJS nonaktif karena premi tidak bisa digunakan

Seperti disinggung sebelumnya konsekuensi dari BPJS nonaktif karena premi adalah layanan kesehatan tidak bisa digunakan. Jika kamu berkunjung ke klinik untuk berobat misalnya, maka jika menggunakan BPJS Kesehatan pihak klinik akan menolaknya karena status akunmu sedang tidak aktif.

Jika ingin melanjutkan pengobatan maka kamu harus membayar secara tunai atau menggunakan jalur umum sebagaimana pasien tanpa asuransi berobat.

Cara Mengaktifkan BPJS Nonaktif Karena Premi

cara mengaktifkan bpjs nonaktif karena premi

Bagaimana cara mengatasi BPJS nonaktif karena premi? Caranya adalah dengan melakukan pembayaran iuran sejumlah tagihan yang menunggak. Jika baru bulan ini telat bayar maka cukup bayar bulan ini saja. Namun jika sudah menunggak beberapa bulan lamanya maka sebanyak bulan itu kamu harus membayarnya.

BPJS langsung aktif setelah pembayaran

Setelah melakukan pembayaran iuran status BPJS peserta akan langsung aktif dan bisa digunakan kembali untuk berobat. Jika misalnya kamu tertahan di bagian administasi klinik karena masalah BPJS nonaktif karena premi, maka kamu bisa melakukan pembayaran saat itu juga. Setelah pembayaran diverifikasi oleh sistem akunmu akan langsung aktif dan pihak klinik akan kembali melayanimu.

BPJS Kesehatan menggunakan metode virtual account sehingga pembayarannya akan otomatis terdeteksi. Jika setelah melakukan pembayaran namun belum juga terverifikasi, coba tunggu sistem melakukan validasi paling lama 1 jam sebelum menghubungi CS BPJS Kesehatan.

Hati-hati denda saat rawat inap

Semuanya akan kembali normal setelah premi dibayarkan. Akun BPJS kembali aktif dan fasilitas kesehatan bisa kembali digunakan. Semua kembali baik-baik saja seperti tidak menunggak sama sekali.

Namun hati-hati karena ada denda yang mengancam. Peserta yang akunnya baru aktif jangan dulu rawat inap selama 45 hari sejak pengaktifan. Karena jika itu terjadi akan dikenakan denda sebesar 5% dari biaya rawat inap dikali jumlah bulan tunggakan. Untuk berobat jalan tidak ada masalah sama sekali. Tetapi hati-hati untuk pengobatan yang mengharuskan rawat inap.

Catatan

catatan

Jika sekarang ini BPJS mu nonaktif karena premi maka lakukan pembayaran semua tagihan untuk membuatnya aktif kembali. Tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain menyelesaikan kewajiban premi.

Jika menunggak satu dua bulan membayarnya sekaligus tidak memberatkan. Berbeda cerita untuk yang menunggak berbulan-bulan atau bahkan yang hampir 2 tahun. Jika tidak sedang memiliki banyak uang, maka pelunasannya akan sangat memberatkan. Pada hampir semua sistem pembayaran yang dilakukan setiap bulan, cara terbaik untuk membayarnya adalah dengan menerapkan disiplin dan tepat waktu. Karena ketika terlewat sehingga menumpuk maka bebannya akan menjadi dua kali lipat.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar