ATM Hilang BRI. Solusi, Cara Mengatasi dan Syarat Buat Baru

Terkadang dalam hidup kamu merasakan suatu kejadian yang membuat cemas dan panik. Banyak hal yang menjadi penyebabnya salah satunya yaitu menghilangkan ATM BRI. Hal tersebut tentunya cukup membuat jantung tidak berhenti berdebar. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir dikarenakan semuanya pasti ada solusinya, termasuk di dalamnya mengurus atm hilang BRI.

Saat mengalami kejadian tersebut sangat penting untuk tidak merasa panik, jika kamu merasa panik terlebih dahulu tentu saja akan membuat kondisi semakin runyam.

Solusi Jika ATM BRI Hilang

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat mengalami kehilangan ATM BRI.

1. Bagaimana jika ATM BRI hilang

Jika ATM hilang jangan langsung panik itu merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan. Terdapat dua langkah penyelesaian yang bisa kamu lakukan pada saat ATM hilang.

Langkah pertama tentu saja datang ke kantor cabang jika memungkinkan. Namun jika ATM hilang pada malam hari ataupun dini hari maka hubungi saja BRI Call Center untuk membuat laporan perihal hilangnya kartu.

2. Cara mengurus atm BRI yang hilang

cara mengurus atm bri yang hilang

BRI merupakan salah satu bank yang memiliki banyak kantor cabang sehingga berbagai macam masalah akan lebih mudah dalam penyelesaiannya. Banyak masalah yang bisa diatasi seperti kartu terblokir, ganti tingkat, patah, kartu tertelan mesin, hingga atm hilang BRI.

a. Memblokir ATM yang hilang

Tindakan pemblokiran ini penting untuk dilakukan terlebih lagi jika ATM tadi hilang pada saat malam hari yang mana kantor cabang sedang tutup.

Cara pemblokiran yang pertama dengan menghubungi Call Center BRI, berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya.

  • Hubungi Call Center BRI ke nomor 14017
  • Ataupun nomor cadangannya ke (021) 1500017
  • Pastikan pulsa cukup untuk melakukan panggilan
  • Jangan lupa persiapkan data seperti KTP, Buku Rekening, KK, informasi saldo terakhir
  • Setelah itu nantinya pihak teller akan melakukan tindak lanjut

Saat pihak call center telah mengkonfirmasikan perihal kepemilikan ATM, nantinya pihak bank akan mematikan kartu hingga ada konfirmasi yang lebih lanjut.

b. Cara Memblokir Lewat BRI Mobile

Selain menggunakan layanan call center, kamu juga bisa memanfaatkan layanan BRI Mobile untuk memblokir atm hilang BRI yang kamu miliki.

Untuk memanfaatkan layanan ini tentunya kamu sudah harus terdaftar di BRI Mobile terlebih dahulu.

  • Buka link internet banking BRI ataupun BRI Mobile
  • Pilih menu layanan nasabah
  • Pilih menu disable kartu
  • Nanti setelah kartu ditemukan kembali tekan enable.

c. Syarat Mengurus ATM Hilang

Jika kamu sudah memastikan jika kartu terblokir maka langkah selanjutnya urus saja beberapa persyaratan yang ada pada kantor cabang terdekat.

Untuk melakukan pengurusan tersebut tidak boleh melalui online dan harus datang secara langsung. Hal ini dilakukan karena nantinya teller akan membuatkan PIN baru, beberapa persyaratan yang harus dibawa sebagai berikut.

  • Membawa identitas
    Identitas diri sangat penting untuk kamu bawa pada saat akan mengurus ATM hilang. Hal ini karena KTP akan menjadi alat validasi atas kepemilikan rekening. Jika kamu tidak memiliki KTP bisa membawa identitas lain seperti SIM, maupun paspor jika kamu termasuk WNA.
  • Buku tabungan
    Saat kamu mengurus atm hilang BRI tidak perlu repot-repot ke kantor polisi untuk meminta surat kehilangan. Dahulu hal tersebut wajib untuk dilakukan namun saat ini tidak diperlukan lagi, namun jika buku tabungan yang hilang maka surat kehilangan wajib dimiliki.

d. Cara Mengurus ATM Hilang

Setelah semua langkah kamu terapkan dengan benar maka langkah selanjutnya kamu harus mengurus langsung perihal kehilangan ATM tadi. Ternyata untuk mengurus masalah kehilangan ATM ini bisa diwakilkan namun tentunya harus membawa syarat tambahan berupa surat kuasa yang telah ditandatangani oleh pemilik ATM BRI.

Akan tetapi jika kamu sebelumnya belum pernah membuat surat kuasa, ada baiknya lakukan pengurusan sendiri dan berikut adalah caranya.

  • Datanglah ke kantor cabang terdekat
  • Ungkapkan keperluan untuk mengurus ATM hilang
  • Ambil saja antrian dan ambil formulir lalu isikan dengan data kamu.
  • Tunggu beberapa saat hingga customer service memanggil
  • Jika dipanggil serahkan semua persyaratan yang dibutuhkan
  • Tunggu beberapa saat hingga semaunya diproses oleh CS
  • Jika sudah maka kamu akan memperoleh ATM baru

Nantinya sebelum memperoleh ATM baru, kamu akan diminta untuk memasukkan pin baru. Nantinya pin tersebut akan dipergunakan untuk pin pada ATM baru kamu. Terdapat biaya pergantian mulai dari 10 ribu hingga 20 ribu tergantung jenis kartu ATM yang diurus. Itulah beberapa langkah-langkah yang kamu perlu lakukan untuk mengurus atm hilang BRI.

Pengajuan pinjaman di Bank sulit dan ribet? Coba di Tunaiku. Platform pinjaman online milik Bank Amar. Proses aman selayaknya Bank dengan plafon pinjaman hingga 30 juta.

Info selengkapnya : Tunaiku review

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat mengalami kehilangan ATM BRI. Namun setelah dicari benar-benar hilang jangan ragu untuk segera melakukan pengurusan namun terlebih dahulu jangan lupa lakukan pemblokiran supaya kartu tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar