Arti Pre Order Di Shopee. Apakah Bisa Order Sekarang?

Di Indonesia sekarang ini sudah ada cukup banyak e-commerce yang bisa dipakai untuk transaksi jual beli secara online. Dan salah satunya adalah Shopee, di mana ada banyak sekali fiturnya, salah satunya adalah fitur pre order. Arti pre order di Shopee sendiri sangat perlu dipahami terlebih dahulu sebelum melakukan pre order tersebut, supaya lebih aman.

Banyak orang yang mungkin sering menjumpai kata pre order ini, akan tetapi tidak banyak orang yang tahu dan paham mengenai hal tersebut. Padahal sebelum kamu membeli dengan sistem pre order, kamu perlu memahami hal itu terlebih dahulu supaya tidak salah sangka. Dan pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan mengenai apa itu pre order dan apakah bisa langsung order?

Apa Itu Pre Order?

arti pre order di shopee adalah

Pre order sebenarnya adalah sebuah sistem transaksi jual beli, di mana penjual itu belum memiliki barang yang akan di jual tersebut. Jadi penjual itu pada dasarnya sudah menawarkan barang kepada pembeli namun belum ada barangnya, barang disediakan setelah ada pesanan. Jadi setelah pembeli memesan atau order, baru penjual menyiapkan barang tersebut sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Jadi secara konsep pre order itu jelas lebih menguntungkan bagi penjual, karena mereka tidak perlu menyediakan stock tertentu. Kemungkinan untuk barang atau stock tidak terjual pun jadi jauh lebih kecil, karena memang barang disediakan hanya setelah ada pesanan. Namun memang proses untuk transaksi jual beli dengan sistem ini pun akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dari yang biasa.

Sistem pre order sendiri memang biasanya memang dipergunakan untuk beberapa produk khusus, dan di Shopee sudah ada fitur tersebut. Produk custom itu adalah produk yang memang biasanya transaksinya itu dilakukan dengan menggunakan sistem pre order ini. Karena pembeli akan meminta beberapa hal sesuai yang diinginkan dari produk yang ingin di beli, dan dari arti pre order di Shopee jelas ini sangat tepat.

Ada beberapa produk yang mungkin bisa dilakukan dengan menggunakan pre order, dan berikut ini beberapa produk yang biasa menggunakan sistem ini.

  • Baju atau kaos dengan gambar ataupun tulisan tertentu
  • Mug dengan tulisan atau pola, atau gambar tertentu
  • Tas dengan tulisan tertentu atau juga dengan gambar tertentu

Tentunya masih ada banyak juga barang lainnya yang kebanyakan adalah barang custom yang biasanya transaksinya dengan konsep pre order.

Jika kamu membutuhkan layanan pinjaman Shopee, cek pembahasannya disini : Shopee Pinjaman. Kamu bisa meminjam hingga plafon 20 juta.

Bagaimana Proses Menjual Pre Order di Shopee?

Dan Shopee ini memang sudah memiliki fitur transaksi pre order, jadi bila kamu ingin menjual pre order itu bisa dilakukan. Dan memang tidak terlalu banyak orang yang mengetahui soal langkah untuk bisa menjual dengan konsep pre order tersebut. Nah berikut beberapa proses dalam menjual secara konsep pre order di Shopee :

  1. Langkah yang pertama adalah kamu buka aplikasi seller center Shopee
  2. Nanti di halaman seller center tersebut, kamu tinggal menambahkan produk baru
  3. Kemudian kamu isi formulir untuk penambahan produk dengan mengisi nama produk dan juga kategori produk
  4. Isi juga soal deskripsi produk, harga, gambar, mungkin video, jasa kirim, berat, dan hal yang lainnya
  5. Setelah itu kamu scroll ke bawah dan di menu lainnya itu ada pilihan untuk mengaktifkan pilihan pre order. Lakukan ini setelah tahu arti pre order di Shopee
  6. Pada saat kamu pilih pre order akan ada menu untuk menuliskan berapa hari kamu butuh persiapkan barang. Biasanya pilihannya itu 7 hari sampai maksimal adalah 15 hari
  7. Setelah itu kamu simpan produk dan kemudian produk tersebut akan aktif di daftar produk kamu

Masih bingung cara menggunakan Shopee Paylater?cek pembahasannya disini : Shopee Paylater.

Proses Membeli Pre Order

cara beli pre order shopee

Untuk melakukan pembelian dengan menggunakan pre order pun harus kamu ketahui juga langkahnya agar supaya kamu tidak kebingungan. Dan berikut ini kami akan coba jelaskan bagaimana langkah untuk membeli secara pre order tersebut.

  1. Langkah yang pertama adalah kamu memilih produk pre order yang ingin di beli
  2. Langkah yang kedua kamu tambahkan note yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan dari produk yang kamu beli
  3. Langkah yang ketiga adalah kamu lihat dulu berapa lama waktu yang diperlukan untuk barang dipersiapkan
  4. Langkah yang keempat kamu masukkan order dan kemudian kamu bayar produk tersebut
  5. Langkah yang terakhir tinggal tunggu saja

Kesimpulan

Jadi pre order ini memang sebuah transaksi yang cukup lama, namun sebagai pembeli kamu bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Bagi penjual juga menguntungkan karena tidak perlu sedia stock, namun untuk Shopee itu penjual bisa menjual pre order maksimal 20% saja. Dan demikianlah arti pre order di Shopee.

Ayo bagi informasi seru ini dengan teman :
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar