Apa Itu Cuan? Ternyata Ini Arti Cuan yang Sebenarnya

Arti cuan – Belakangan ini istilah cuan sering sekali kita dengar baik melalui iklan di tivi maupun postingan sosmed. Kata ini digunakan untuk merujuk hasil yang akan didapat atau sesuatu yang bisa diperoleh. Seperti sebuah target, semua sistem, metode dan aplikasi berlomba-lomba untuk menghasilkan cuan. Apa sebenarnya cuan itu?

Arti Cuan yang Sesungguhnya

arti cuan adalah

Kata zhuan/choan/cuan merupakan istilah populer dari Bahasa Hokkian yaitu wilayah China bagian Selatan. Meski belum ditemukan artinya di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), namun sudah banyak digunakan dalam pergaulan sehari-hari bahkan sudah menjadi istilah umum untuk iklan komersil.

Apa arti cuan? Cuan adalah untung atau hasil. Yaitu sesuatu yang didapatkan dari sebuah usaha. Keuntungan atau hasil ini memiliki makna yang luas, ia bisa saja nama baik, pangkat atau kekayaan. Namun makna cuan belakangan menyempit menjadi uang karena sering diasosiasikan dengan uang atau hadiah yang akan didapatkan jika mendaftar atau menggunakan aplikasi tertentu, misalnya.

Cara Mencari Cuan

Bagaimana cara mendapatkan cuan? tentu saja dengan melakukan usaha atau bisnis. Kamu bisa berdagang, membuka toko, jualan online, bekerja atau jenis usaha menghasilkan lainnya. Cuan yang kamu dapatkan akan sejalan dengan level usaha yang kamu usahakan. Semakin besar skala operasionalnya maka cuan yang didapat akan semakin berlipat.

Namun di zaman hampir semua hal bisa dilakukan dengan jari (baca: secara digital), proses mencari cuan juga mengalami evolusi. Ada banyak metode untuk menghasilkan cuan dengan Effort yang lebih ringan namun mampu memberikan hasil berlipat melebihi metode konvensional. Cara-cara seperti inilah yang ramai dikampanyekan oleh produk-produk seperti bank digital, aplikasi investasi, Lender pinjaman online hingga aplikasi bisnis berbasis smartphone.

Benarkah Mesin Cuan Bisa Dibuat?

Bisa, namun bukan dalam artian wujud mesin melainkan sistemnya. Kamu bisa membuat sendiri atau bergabung dengan sistem yang terbukti cepat dalam menghasilkan cuan atau minimal scalable. Beberapa contoh yang bisa disebut misalnya membuka toko online, menjadi Publisher Adsense, nabung di Bank Neo Commerce, Freelance, Trader hingga guru atau Tutor online.

Pada hampir semua usaha yang melibatkan teknologi didalamnya, proses mendapatkan cuan bisa lebih cepat dan masif. Ini bukan asumsi belaka melainkan fakta yang sudah dibuktikan oleh banyak orang. Pada daftar 10 orang terkaya didunia didominasi oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia teknologi (komputer dan internet). Maka jika ingin membangun mesin cuanmu, pastikan kamu melibatkan teknologi didalamnya.

Kembali ke Arti Cuan

Meski arti cuan lebih banyak dipahami sebagai uang atau kekayaan, makna cuan lebih dari itu. Maka jika kamu bisa menghasilkan uang dalam jumlah banyak namun dari cara yang tidak terhormat seperti korupsi, mencuri atau menipu tidak bisa disebut cuan. Cuan mewakili hasil yang didapat dengan cara yang baik. Ia adalah buah dari pohon yang ditanam, nasi dari beras yang dimasak.

Lebih jauh, cuan tidaklah money oriented. Untuk kamu para pengejar cuan, jangan mengorbankan hal-hal berharga hanya untuk mengejarnya. Selalu sisakan ruang untuk kehormatan karena nama baik adalah cuan yang paling berharga.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar