Penagihan Kredivo

Apakah penagihan Kredivo sama buruknya dengan sistem penagihan aplikasi Fintech kebanyakan? Atau malah ada terobosan baru yang diterapkan. Setelah nyaman menggunakan semua layanannya, sekarang saatnya berurusan dengan tagihan.

Jatuh Tempo Tagihan

jatuh tempo tagihan kredivo

Kapan tagihan Kredivo jatuh tempo? Tagihan akan jatuh tempo 30 hari dari tanggal transaksi. Misal jika kamu melakukan transaksi pada tanggal 1 Maret maka akan jatuh tempo 30 hari kemudian atau tepat di tanggal 1 April. Selalu seperti itu. Tidak perlu repot menghitung karena tanggal tagihan akan tertera di aplikasi. Perhitungan jatuh tempo ini berlaku untuk layanan kredit online maupun pinjaman tunai.

Metode Reminder atau Penagihan

Mulai 7 hari sebelum jatuh tempo kamu akan mulai mendapatkan Reminder tagihan. Yang akan kamu terima adalah pengingat lewat SMS, email hingga telpon oleh Bot. Reminder akan kembali dikirimkan saat 3 hari sebelum tanggal pembayaran hingga hari H-nya. Jika sudah mengenal polanya, kamu akan terbiasa dan tidak akan terganggu.

Debt Collector atau DC

debt collector penagihan kredivo

Penagihan Kredivo juga menggunakan DC atau Debt Collector, khusus untuk menangani pengguna yang bermasalah dengan pembayaran. Jika kamu telat melakukan pembayaran akan ada tim Desk Collection yang melakukan penagihan. Semakin lama keterlambatan level penagihannya akan meningkat. Dari mulai menelpon terus menerus hingga menghubungi kontak darurat.

Kapan Debt Collector Datang?

Apakah DC Kredivo akan datang ke rumah? Ya, mereka akan mendatangi alamat yang tertera pada KTP. Mereka juga bisa mendatangi alamat kantor tempat kamu bekerja jika alamat tersebut kamu sertakan pada saat pendaftaran.

Pada kebanyakan kasus, DC Kredivo baru menagih langsung ke lapangan saat tunggakan sudah lebih dari 1 bulan. Meski begitu mereka bisa melakukannya kapan saja jika pengguna tidak kooperatif selama proses penyelesaian pembayaran. Meski Kredivo berkantor di Jakarta namun dari cerita para pengguna, DC lapangannya sudah sampai ke Sumatra.

Telat Bayar 2 Bulan

Jika telat bayar hingga 2 bulan level penagihan sudah meningkat dan akan masuk level perhatian serius oleh para DC. Selain ditagih melalui jalur WA dan telpon, biasanya pada level ini DC sudah berkunjung ke beberapa alamat yang bisa dikunjungi. Yang mungkin paling terasa mengganggu adalah penagihan ke kontak darurat. Tidak jarang kontak darurat yang merasa terganggu akan ikut menagih agar ia tidak ditelpon lagi.

Apakah Kredivo Masuk BI Checking?

Riwayat tagihan Kredivo akan masuk ke BI Checking atau SLIK OJK. Jika tagihanmu lancar maka akan tertulis lancar disana. Namun jika telat atau macet maka akan tercatat dengan status kolektibilitas 3, 4 hingga 5. Informasi ini valid karena Krediblog pernah melakukan pencetakan SLIK OJK dan catatan tagihan Kredivo ada disana.

Jika kamu tidak ingin histori kreditmu jelek, maka usahakan untuk tidak telat membayar sampai 1 bulan. Laporan SLIK OJK dilakukan setiap bulan, jadi jika pada bulan tersebut kamu sedang menunggak akan terekam disana.

Gagal Bayar atau Galbay

Informasi gagal bayar atau galbay dijelaskan di Surat Perjanjian Pinjaman atau Loan Contract, mereka menyebutnya cedera janji (wanprestasi). Beberapa kondisi yang bisa dianggap gagal bayar diantaranya belum membayar pokok pinjaman dan bunga sesuai jatuh tempo, pengajuan wanprestasi atau pailit atas inisiatif sendiri, pengguna terlibat perkara di pengadilan atau kekayaannya disita hingga pengguna meninggal dunia.

gagal bayar tagihan kredivo

Jika pengguna gagal bayar, hal-hal berikut akan dilakukan :

  • Menagih seluruh hutang baik yang sudah jatuh tempo maupun yang belum.
  • Meminta menjual jaminan baik secara di muka umum (lelang) atau di bawah tangan.

Detailnya bisa kamu baca lebih lanjut di surat perjanjian. Intinya adalah penagihan Kredivo akan terus dilakukan sampai hutang dibayar.

Catatan Penagihan Kredivo

Meski termasuk perusahaan modern dengan deretan fitur yang hampir semuanya kekinian, penagihan Kredivo masih menggunakan metode lama (jadul). Ini disebabkan karena belum adanya sistem penagihan canggih yang tidak melibatkan DC atau kunjungan Collector ke rumah. Sampai sitem penagihan itu ditemukan, sebaiknya kamu membayar tepat waktu jika tidak ingin berurusan dengan DC.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram