Digital Payment: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

Tidak dipungkiri terkadang kamu merasa bahwa pembayaran dengan cash atau tunai terkadang merepotkan. Bahkan saat melakukan pembayaran dengan cara transfer terkadang kurang praktis maka kamu harus beralih ke metode pembayaran digital atau digital payment yang tentunya praktis serta super cepat.

Metode pembayaran ini adalah pembayaran dengan cara elektronik baik melalui sms maupun online service semacam internet online banking. Sistem tersebut mengotomasikan beberapa sistem pembayaran seperti pembayaran kartu kredit, cicilan rumah menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Keuntungannya tentu saja kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk melakukan pembayaran dikarenakan sudah menggunakan pembayaran digital. Jadi intinya sistem pembayaran ini lebih cepat dan praktis.

Selain DIgital Payment, teknologi keuangan yang mulai marak 2 tahun belakangan ini adalah Fintech Lending. Beberapa nama populer di kategori ini ada JULO, AdaKami, Indodana hingga Kredit Pintar.

Mengenal Lebih Dekat Digital Payment

Bagi kamu masyarakat awam mengenai metode pembayaran digital ini tentu saja akan bertanya-tanya mengenai metode yang satu ini. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai pengertian, ciri-ciri, dan juga contohnya.

1. Apa itu digital payment

apa itu digital payment

Pembayaran digital merupakan metode transaksi pembayaran yang dilakukan menggunakan media digital. Dengan adanya metode pembayaran tersebut kamu sangat diuntungkan karena bisa melakukan transaksi apapun hanya dengan datang ke teller dengan membawa uang tunai. Tentunya hanya bermodalkan internet serta gadget saja maka kamu bisa melakukan berbagai macam pembayaran dengan mudah, cepat, dan tentunya aman.

Keamanan dan kemudahan ini yang ternyata menjadi salah satu faktor kunci bahwa sistem pembayaran ini semakin banyak dilirik masyarakat luas. Bahkan berbagai macam inovasi terkait fitur layanan juga semakin mendorong rasa ingin tahu masyarakat guna mengenal lebih dekat mengenai metode pembayaran ini.

2. Bagaimana ciri-ciri dari digital payment

Setelah mengetahui penjelasan mengenai digital payment tentu saja kamu akan bertanya-tanya mengenai ciri-cirinya.

Ciri yang paling terlihat dari metode ini yaitu tidak melibatkan uang cash atau uang tunai. Metode pembayaran ini bisa berupa internet banking, mobile banking, e-wallet, dan masih banyak lainnya. Itu merupakan ciri mendasar bila berhubungan dengan sistem pembayaran digital tersebut.

3. Contoh digital payment di Indonesia

contoh digital payment di indonesia

Beberapa contoh digital payment yang akan kamu temukan di Indonesia, pada umumnya terdapat empat macamnya seperti berikut ini.

a. Uang Elektronik

Jenis pembayaran digital ini menggunakan kartu atau card-based. Uang elektronik mampu menyimpan jumlah uang yang tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa contohnya seperti BRIZZI, BNI Tapcash, BTN Blink, dan masih banyak lainnya. Keuntungannya tentu saja kamu tidak perlu repot-repot membawa uang tunai. Bahkan kartu tersebut juga bisa dipergunakan untuk pembayaran transportasi umum, parkir, e-toll, dan lainnya.

b. Internet Banking

Ini termasuk ke dalam layanan perbankan digital yang dipergunakan untuk banyak transaksi keuangan yang sifatnya non-tunai dan mampu diakses menggunakan jaringan internet. Untuk kamu yang ingin memanfaatkan layanan ini diharuskan mendaftarkan diri serta melakukan aktivasi dari akun internet banking.

Layanan ini mampu kamu akses pada situs bank yang kamu miliki. Setelah melakukan login akan banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti pembayaran, cek saldo, mutasi rekening, isi ulang, dan masih banyak lainnya. Walaupun kamu sudah menjadi nasabah dari suatu bank namun tidak melakukan aktivasi untuk internet banking maka layanan tersebut tidak bisa dimanfaatkan.

c. Mobile Banking (M-Banking)

Ini juga termasuk ke dalam layanan perbankan yang bisa kamu akses melalui aplikasi yang ada di handphone. Berbicara mengenai keunggulan bisa dilihat pada variasi fitur yang ada dan penggunaannya lebih mudah.

Untuk melakukan aktivasi bisa melalui berbagai macam cara, salah satunya dibantu oleh customer service bank yang dipergunakan. Banyak pembayaran yang bisa dilakukan seperti top-up dana, transfer, dan masih banyak lainnya.

d. E-Wallet

E-wallet juga dikenal dengan sebutan dompet digital, ini merupakan sebuah layanan keuangan yang menggunakan aplikasi yang berguna sebagai penyimpanan uang digital. Nantinya kamu bisa melakukan banyak aktivitas keuangan secara online.

Sekarang sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan e-wallet dan telah bekerja sama bersama dengan bank untuk memberikan layanan perbankan. Beberapa contoh e-wallet yang sangat populer di Indonesia seperti OVO, Gopay, LinkAja, Dana, dan lainnya.

Supaya bisa menggunakan e-wallet tadi tentunya kamu harus melakukan top-up terlebih dahulu. Melakukan top-up bisa melalui internet banking ataupun mobile banking.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui soal digital payment. Sistem pembayaran ini banyak jenisnya dan macamnya, ini tentu memudahkan kamu sebagai pengguna untuk memilih layanan yang paling sesuai.

Metode pembayaran ini semakin banyak dipergunakan masyarakat luas dan perlahan-lahan menggantikan sistem pembayaran tunai. Salah satu tandanya dengan semakin mudahnya menemukan metode pembayaran ini dimanapun.

Jangan merasa khawatir akan kesulitan ketika menggunakan pembayaran digital karena sangat mudah dioperasikan dan banyak tempat layanan yang menyediakannya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
2 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
retha

halo bang kredi, maaf mau tanya kalo danafix ada penagihan dc lapangan nya ga yah kalo telat bayar? makasih sebelumnya