Rekening Bersama: Definisi, Kegunaan dan Cara Kerja

Dengan konsep digital saat ini, transaksi yang dilakukan di dunia digital itu memang sangat membutuhkan adanya Rekening bersama. Ini adalah semacam alat bantu, dan mungkin bagi orang-orang yang tidak terbiasa transaksi online tidak tahu mengenai hal ini. Padahal kamu semua perlu tahu mengenai rekening tersebut agar supaya Bisa jauh lebih aman dalam transaksi secara online.

Dengan perkembangan dunia digital saat ini, memang transaksi secara online pun jadi sangat banyak dan juga sangat masif terjadi. Banyak juga pedagang yang berjualan secara online, karena mudah dan juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Dan Rekber ini memang menjadi salah satu kunci transaksi online, berikut ini penjelasan mengenai rekening tersebut.

Definisi Rekening Bersama

Dalam transaksi online Rekber memang sudah sering dipergunakan, namun untuk orang awam pasti tidak akan mengetahuinya. Jadi rekening bersama adalah sebuah layanan rekening yang dipakai untuk menampung dana sementara dari transaksi online yang terjadi. Jadi rekening ini akan menyimpan sementara dana dari pembeli sebelum disampaikan kepada penjual yang berdagang secara online.

Metode transaksi yang sejenis rekening bersama ini sebenarnya sudah ada dari lama di luar negeri, namun istilahnya adalah ES atau Escrow Service. Nah kalau di Indonesia setelah maraknya perdagangan secara online, kebanyakan orang memilih menggunakan Rekber ini. Dan melihat dari konsepnya, memang Rekber ini sangat berguna dan juga membantu sekali dalam proses transaksi online.

Tentunya yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, siapa orang atau pihak yang berhak menyediakan layanan Rekber ini. Sebenarnya ini adalah sebuah bisnis jasa, jadi siapa pun berhak menyediakan layanan ini, selama memang mampu. Modalnya pun hanya rekening saja yang tentunya perlu alternatif dari beberapa bank agar supaya orang Bisa lebih fleksibel dalam transaksi.

Kegunaan Rekening Bersama

manfaat rekening bersama

Setelah kamu tahu soal definisi dari Rekber ini, maka kamu mungkin sudah Bisa memperkirakan kegunaan dari Rekber ini sebenarnya. Jelas kegunaan yang dimiliki itu sangatlah besar dan juga menarik, bahkan Bisa dikatakan rekening bersama cukup penting untuk terselenggaranya transaksi online. Nah berikut ini kami akan informasikan beberapa poin kegunaan dari Rekber ini sebenarnya.

  • Kegunaan yang paling pertama itu sebagai penampung dana, jadi dana akan aman tersimpan dalam transaksi online. Kegunaan ini sebenarnya sangat berguna untuk pembeli online, sehingga akan Bisa terhindar dari penipuan online yang sangat merugikan. Karena uang pembeli tidak akan sampai ke penjual kalau belum ada konfirmasi barang yang dibeli sampai.
  • Kegunaan yang kedua adalah untuk notifikasi kepada penjual, agar supaya memastikan kalau sudah ada pembayaran yang masuk. Ini juga memberikan ketenangan pada penjual mengenai kepastian penjual akan mendapatkan pembayaran setelah mereka mengirimkan barang. Jadi begitu ada dana masuk dan penjual mendapatkan notifikasi, barulah penjual mengirimkan barang ke pembeli.

Top 3 Aplikasi Pinjaman

logo julo

JULO

Plafon 15 juta

Proses instan

Review : Pinjaman JULO

logo shopeepinjam

SPinjam

Plafon 20 juta

Khusus pengguna Shopee

Review : Shopee Pinjaman

logo aplikasi tunaiku

Tunaiku

Plafon 30 juta

Tenor 20 bulan

Review : Review Tunaiku

Cara Kerja Rekening Bersama

Apabila kamu ingin mempergunakan Rekber ini dalam transaksi online, maka kamu perlu tahu lho bagaimana sih cara kerjanya. Dengan tahu cara kerjanya, maka kamu akan Bisa memanfaatkan rekening bersama ini dengan lebih maksimal dan juga lebih tenang lho. Nah mari simak bagaimana sih sebenarnya cara kerja dari rekber yang memang sangat penting untuk dipahami dengan baik.

  1. Jadi pertama-tama akan ada perjanjian jual beli terlebih dahulu antara pembeli dan penjual dan menunjuk Rekber yang akan dipakai.
  2. Setelah itu pembeli akan mengirimkan dana ke layanan Rekber sesuai dengan harga produk dan juga biaya layanan Rekber.
  3. Nanti Pembeli akan mengirimkan bukti pengiriman atau pembayaran dana ke layanan Rekber tersebut.
  4. Setelah uang sudah diterima, layanan Rekber ini akan memberikan informasi kepada penjual bahwa dana sudah masuk. Setelah itu meminta pengiriman barang dilakukan.
  5. Setelah itu barang akan dikirimkan oleh penjual, dan Biasanya penjual akan mengirimkan bukti pengiriman barang ke pembeli.
  6. Setelah pembeli sudah menerima barangnya, maka pembeli akan mengonfirmasikan kepada layanan Rekber tadi.
  7. Setelah itu penyedia layanan Rekber ini akan mengirimkan dana yang sudah diterima dari pembeli ke pihak penjual secara langsung.
  8. Nantinya layanan rekening bersama ini akan meminta konfirmasi ke penjual kalau dana sudah diterima dan selesai.

Dengan melihat cara kerjanya, maka jelas kamu sudah Bisa yakin dan tidak khawatir dalam melakukan transaksi secara online. Dan informasi mengenai cara kerjanya ini akan melengkapi pengetahuan kamu mengenai apa itu rekening bersama ya.

Tips Memilih Jasa Rekening Bersama

tips memilih jasa rekening bersama

Sekarang ini Bisa dibilang sudah ada cukup banyak jasa Rekber yang ada di Indonesia, dan kamu Bisa memilih salah satu untuk transaksi online. Namun tentunya ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan ketika kamu mau memilih Rekber yang dipakai untuk transaksi jual beli secara online. Dan berikut ini beberapa tips untuk kamu.

  • Tips yang pertama adalah kamu harus mencari jasa Rekber yang digunakan oleh banyak orang untuk transaksi online. Dengan banyak dipakai orang, maka berarti jasa Rekber ini sangat Bisa dipercaya dan juga sangat aman pastinya.
  • Tips yang kedua adalah mencari jasa Rekber yang menawarkan biaya layanan atau jasa yang mungkin tidak terlalu mahal. Ini juga perlu diperhatikan, agar supaya Biaya yang kamu keluarkan tidak terlalu besar.
  • Tips yang terakhir adalah cari yang memiliki review atau testimoni yang baik, supaya kamu Bisa nyaman dalam transaksi online melalui rekening bersama itu.

Rekening bersama adalah jaminan keamanan untuk kamu yang masih takut uangmu akan dibawa lari. Ia juga memberimu ketenangan bahwa Seller hanya akan menerima uang yang kamu bayarkan setelah kamu menerima item yang kamu beli dan mengkonfirmasinya. Rekber adalah Win Win Solution baik bagi pembeli maupun penjulan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar