mToken BTN. Maksud, Cara Mendapatkan dan Aktivasinya

Semua nasabah BTN tentunya akan mendapatkan fasilitas layanan seperti internet banking yang bermanfaat untuk melakukan transaksi secara online. Untuk bisa menikmati layanan tersebut, nasabah BTN wajib mendapatkan mToken BTN terlebih dahulu supaya proses transaksi dengan internet banking dapat berjalan dengan lancar.

Maksud Dari mToken BTN

maksud dari mtoken btn

Apakah mToken itu? mToken adalah nomor unik yang sifatnya sangat rahasia dan hanya nasabah yang berkaitan saja yang memiliki hak untuk mengetahuinya. Hal ini dikarenakan nomor unik ini memiliki fungsi sebagai pengaman tambahan untuk setiap transaksi finansial.

Tak hanya itu maksud dari mToken BTN ini juga memiliki waktu yang terbatas sehingga penggunaannya harus cepat dalam melakukan transaksi. Bila tak begitu maka harus mengulang kembali dari awal.

Dengan keberadaan mToken ini, nasabah BTN dapat melakukan transaksi seperti cek saldo, pembelian, transfer, pembayaran dan sebagainya dengan mudah menggunakan internet banking. Kemudahan ini hampir sama seperti cara mendaftar M-Banking BTN Online tanpa perlu ke bank.

Akan tetapi terkadang mToken BTN tak bisa masuk pada HP yang digunakan sebab ada penyebab yang membuat mToken tak bisa masuk dalam HP tersebut. Tentu hal ini bisa membuat bingung ketika akan memasukkan mToken itu pada kolom yang telah tersedia. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab hal tersebut antara lain.

  • Ada gangguan jaringan atau maintenance dari pihak BTN
  • Nomor HP yang digunakan ketika melakukan registrasi internet banking berbeda dengan nomor yang ada pada HP nasabah
  • Pulsa pada nomor HP yang digunakan untuk melakukan registrasi kurang dari Rp 500,- sementara untuk setiap mToken yang dikirimkan memerlukan biaya Rp 500 per SMS.

Ketentuan Penggunaan mToken

Untuk mendapatkan mToken BTN, nasabah wajib melakukan registrasi dan aktivasi mToken terlebih dahulu yang dapat dilakukan di kantor cabang BTN terdekat. Untuk setiap permintaan mToken maka sistem nantinya mengirimkan SMS berisi mToken pada nomor HP yang didaftarkan ketika registrasi.

Akan tetapi ada hal yang wajib diketahui yaitu satu mToken hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi, kecuali untuk pembayaran kolektif seperti membayar BPJS. Tak hanya itu, mToken juga mempunyai masa berlaku yang ada di SMS stok mToken.

Tak hanya sebatas itu saja, setiap saat melakukan request atau permintaan mToken maka mToken tersebut yang ada sebelumnya nantinya hangus dan tak dapat digunakan kembali. Dalam memasukkan mToken juga harus senantiasa diperhatikan, jangan sampai melakukan kesalahan hingga 3 kali sebab secara otomatis user ID nantinya terblokir.

Bila ingin menggunakannya kembali nasabah pun harus menghubungi Call Center BTN atau langsung datang ke kantor cabang BTN guna membuka blokir tersebut. Kamu perlu mengetahui bahwa satu nomor HP hanya dapat digunakan untuk satu user ID. Oleh sebab itu usahakan untuk selalu memakai nomor HP itu supaya transaksi dapat dilakukan dengan lancar.

Butuh pinjaman namun hanya percaya kepada instansi perbankan? Kamu bisa coba Tunaiku. Platform pinjaman online milik Bank Amar. Selengkapnya baca di ulasan Tunaiku Amar Bank.

Cara Mendapatkan mToken BTN

cara mendapatkan mtoken btn

Ada beberapa cara untuk mendapatkan mToken. Cara mendapatkan mToken BTN ini adalah dengan terlebih dahulu melakukan registrasi di kantor cabang BTN. Sebelum melakukan registrasi, persiapkan beberapa dokumen pendukung terlebih dahulu seperti KTP, buku tabungan BTN dan kartu ATM.

Untuk nasabah BTN yang ingin melakukan proses registrasi dapat mengikuti beberapa cara berikut.

Waktu yang dibutuhkan: 30 menit

Cara mendapatkan mtoken BTN :

  1. Kunjungi kantor cabang

    Langsung datang ke kantor cabang BTN terdekat.

  2. Ambil antrian

    Ambil nomor antrian untuk ke customer service dan tunggu sampai dipanggil.

  3. Lakukan registrasi

    Sesudah dipanggil lalu menuju ke customer service (CS) dan sampaikan bahwa kamu akan melakukan registrasi mToken.

  4. Lengkapi syarat

    Bila sudah lalu CS BTN akan meminta beberapa dokumen seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kemudian nasabah akan diminta untuk mengisi form pendaftaran nomor HP yang nantinya digunakan untuk mToken internet banking BTN.

  5. Proses registrasi

    CS akan melakukan registrasi mToken BTN.

  6. Selesai

    Sesudah proses registrasi selesai, nasabah akan mendapatkan SMS yang berisi nomor aktivasi mToken.

Cara Aktivasi mToken BTN

Bila telah berhasil mendapatkan nomor aktivasi mToken maka lakukan segera aktivasi mToken melalui internet banking. Bila mToken berhasil diaktifkan maka telah bisa digunakan untuk melakukan beragam jenis transaksi.

Untuk kamu yang ingin mengetahui cara aktivasi mToken BTN maka dapat mengikuti beberapa cara berikut ini.

  1. Pertama-tama buka internet banking BTN dan login
  2. Setelah masuk pada halaman utama internet banking lalu cari menu untuk aktivasi mToken
  3. Bila sudah ketemu maka hanya perlu memasukkan nomor aktivasi mToken sesuai nomor yang telah diperoleh melalui SMS
  4. Pastikan tak ada kesalahan ketika memasukkan nomor aktivasi mToken, bila sudah benar maka hanya perlu pilih “Kirim”.
  5. Berikutnya nasabah akan memperoleh notifikasi bila proses aktivasi mToken telah berhasil

Nah itu tadi pembahasan tentang cara untuk mendapatkan mToken BTN dan aktivasinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar