Kelebihan PS 5 dan Kekurangannya. Yang Mau Beli Baca Dulu

PS 5 memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh console generasi sebelumnya. Kelebihan inilah yang menjadi daya tarik dan alasan utama mengapa para pengguna dibuat penasaran. Seberapa hebat peningkatan yang dibawa Play Station seri kelima ini sehingga kita harus rela merogoh kocek dalam untuk memilikinya?

Tertarik meminang PS5 namun tabungan belum cukup? Pembelian secara kredit bisa menjadi opsi. Pada metode ini kamu bisa mendapatkan unit Play Station-nya terlebih dahulu untuk kemudian membayarnya secara mencicil setiap bulan sesuai tanggal jatuh tempo. Kamu bisa melihat perhitungan simulasinya disini : Kredit PS 5.

Kelebihan PS 5 yang Menggiurkan

daftar kelebihan ps5

Jika Sony Play Station 5 hadir dengan fitur yang biasa-biasa saja mungkin tidak banyak yang tertarik melakukan upgrade. Nyatanya console terbaru ini datang dengan menawarkan kelebihan-kelabihan yang sangat menarik. Berikut beberapa diantaranya.

Daftar kelebihan PS 5 :

1. Hardware yang mumpuni

PS5 hadir dengan spesifikasi Hardware yang jauh meningkat dibanding seri PS4. Kurang lebih jeda 7 tahun dari PS4 ke PS5 memberikan waktu yang cukup bagi Sony untuk mendesain seri console yang lebih powerful. Bisa dibilang penantian yang lumayan lama tersebut terbayar lunas karena yang didapatkan adalah console gahar yang bisa sedikit menyaingi kelas PC.

SpesifikasiPlay Station 5 (PS5)
CPU8 Prosesor Zen 2 @ 3,5 GHz
GPU10,28 Teraflops, 36 CU @ 2,23 GHz (variable frequency)
RAM16 GB GDDR6/256-bit
Bandwith memori448 GB/s
Memori internalCustom 825 GB SSD
Throughput I/ORaw: 5,5 GB/s
Compressed: 8-9 GB/s
Memori tambahanNVMe SSD Slot
Memori eksternalUSB HDD Support
Perangkat optik4K UHD Blu-ray Drive (versi non-digital)
Spesifikasi PS5

2. Suguhan grafik yang luar biasa

Spesifikasi hardware yang powerful mendukung lahirnya output gambar yang mewah. PS5 hadir dengan kemampuan grafik yang tidak biasa alias luar biasa. Ray tracing memungkinkan tampilan gambar pada game memiliki pantulan cahaya layaknya gambar di dunia nyata. Dan dengan teknologi HDR membuat setiap gambar tampil dengan kontras dan warna yang sangat baik.

Karena grafik adalah tentang visual, maka cara terbaik untuk menjelaskannya adalah dengan menggunakan mata. Perhatikan salah satu tampilan berikut untuk melihat kemampuan grafik dari PS5.

suguhan grafil luar biasa

3. Fitur Controller DualSense

Kelebihan PS 5 berikutnya ada pada controller-nya. Jika PS4 hadir dengan DualShock, PS5 memperkenalkan DualSense. Dilihat dari namanya controller seri penerus ini berfokus pada kemampuan “sense” (merasakan). Benar sekali, menggunakan DualSense kamu bisa merasakan langsung suasana dalam game.

Kamu bisa merasakan seolah sedang berjalan di atas rumput, suasana hujan, perasaan menarik pelatuk pistol hingga berjalan berat diatas genangan air. Mungkin tidak 100% mirip tetapi nuansa seperti itu bisa ikut dirasakan melalui controller.

4. Dukungan aksesoris gaming

Ada banyak sekali aksesoris PS5 untuk menunjang pengalaman terbaik dalam bermain game. Tidak saja kelengkapannya melainkan juga dukungan fiturnya yang kekinian. Hampir semua aksesoris sudah mendukung wireless sehingga tidak lagi direpotkan oleh gulungan kabel.

Beberapa aksesoris untuk PS5 diantaranya Pulse 3D Wireless Headset, PlayStation 5 HD Camera, DualSense Charging Station, PlayStation VR hingga Media Remote.

5. Next Generation Console

Dengan fitur dan kemampuan yang dimiliki, PS5 masuk kategori console Next Generation (Next Gen) jadi kehadirannya akan bertahan lama. Jika kemu membelinya hari ini maka 5-10 tahun (atau lebih) mendatang console ini akan tetap terasa modern. Umur PS5 akan panjang karena sekarang memang eranya console Next Gen.

Kekurangan PS5 yang Harus Diperhatikan

daftar kekurangan ps5

Kelebihan PS 5 baru satu sisi cerita, karena cerita lengkapnya console ini juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan PS5 yang paling mencolok yang harus kamu pertimbangkan baik-baik sebelum membeli.

Daftar kekurangan PS 5 :

1. Desain bongsor

Dibanding seri PlayStation sebelumnya, bisa dibilang desain PS5 lah yang paling besar. Pertama kali melihatnya kesan pertama yang timbul adalah tinggi besar sehingga pantas jika disebut bongsor. Desain ini bukan tanpa tujuan melainkan sengaja dibuat demikian untuk memberikan pendinginan yang baik mengingat kinerjanya yang berat.

Konsekuensi bagi pengguna adalah harus menyediakan space khusus karena jelas console ini akan memakan ruang. Tidak terlalu masalah memang. Tetapi jika sebelumnya kamu menggunakan PS4 kemungkinan besarnya harus merombak layout area gaming karena PS5 ini lebih cocok jika ditempatkan dengan posisi berdiri.

2. Harga console mahal

Barang bagus selalu datang dengan harga yang bagus pula (mahal), demikian juga dengan console PS5 ini. Kamu harus merogoh kocek mulai 7 jutaan (PS5 digital version) hingga 10 jutaan (non digital/Bluray). Angka tersebut terbilang mahal untuk sebuah barang dengan tujuan Entertainment.

Termasuk aksesoris pendukungnya juga ikut mahal. Stik DualSense misalnya. Jika stik bawaan ini rusak kamu harus mengeluarkan biaya hingga 1 jutaan untuk 1 stiknya. Bahkan stik original pabrik yang biasanya jauh lebih murah juga dijual di harga yang lumayan yaitu di kisaran 300 ribu.

Catatan kelebihan PS 5 dan kekurangannya

catatan kelebihan ps 5

Kelebihan PS 5 yang hebat juga datang dengan kekurangan yang perlu diperhatikan. Jika kamu tergila-gila parah dengan kelebihannya pastikan kamu bisa menerima dengan lapang dada kekurangan yang ada.

Kebutuhan entertainment setiap orang pasti berbeda. Ada yang sudah bahagia hanya dengan menonton tivi namun ada yang baru terpuaskan setelah secara maraton menamatkan game kesayangan di console mewah. Ini bukan lagi tentang mahal atau murah, melainkan hasrat yang harus dipenuhi.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar