Contoh BPKB Motor dan Cara Cek yang Asli dan Palsu

Bagi yang belum pernah memegang BPKB sebelumnya cara terbaik untuk mengetahui adalah dengan melihat contoh BPKB motor. Melihat contoh bisa langsung menjelaskan seperti apa sebuah BPKB itu. Bentuk, ukuran, format, warna hingga isi didalamnya. Tidak harus membeli kendaraan jika hanya ingin melihat wujud BPKB, di artikel ini Krediblog akan menunjukkan gambarnya.

BPKB memiliki fungsi yang penting sebagai identitas kendaraan, bukti kepemilikan sekaligus barang berharga. Disebut berharga karena buku yang terdiri dari 10 halaman ini adalah barang yang akan diterima dengan baik di lembaga keuangan formal. BPKB bisa dijadikan agunan untuk mengajukan pinjaman di Bank, Leasing, perusahaan multifinance hingga Fintech. Atau tempat yang paling sering dituju oleh pengguna kebanyakan : Pegadaian. Khusus untuk nama yang terakhir kamu bisa membaca pembahasan lengkapnya di gadai BPKB motor di Pegadaian.

Contoh BPKB Motor yang Asli

Awal tahun 2023 lalu Krediblog membeli Honda Vario 160. Proses pembeliannya (apakah cash atau kredit) sudah diceritakan di blog ini. 14 hari setelah pembelian plat dan STNK dikirim ke rumah. Sedang BPKB baru jadi sekitar 5 minggu setelahnya. Untuk alasan keamanan BPKB tidak bisa dikirim dan harus diambil sendiri ke lokasi. Berikut gambar atau contoh BPKB motor diambil menggunakan kamera Smartphone.

Gambar BPKB motor

Gambar berikut bukan hanya contoh BPKB motor melainkan BPKB motor asli. Karena keluar pada tahun 2023, berarti desain BPKB ini adalah versi baru dengan cover berwarna hitam dan berisi 10 halaman. Kamu bisa melihat gambar BPKB motor untuk 4 bagian utama. Yaitu Cover depan, identitas pemilik, identitas kendaraan dan cover belakang.

Bagian-bagian pada BPKB motor

Bagian-bagian berikut akan menunjukkan hal apa saja yang ada pada sebuah BPKB. Kamu bisa tahu secara lebih detail halaman apa saja yang menyusun sebuah BPKB dan isi informasi yang tertera didalamnya.

Cover luar

bagian cover luar

Sampul terluar dari BPKB. Memiliki desain kertas yang lebih tebal dengan dibubuhi watermark di seluruh area. Pada cover luar ini tertera tulisan BUKU PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR di bagian tengah dan nomor seri di pojok kanan atas.

Identitas pemilik

bagian identitas pemilik kendaraan bpkb motor

Halaman kedua berisi informasi dari pemilik kendaraan. Disana tertera nama pemilik, alamat, nomor KTP, nomor telpon dan tanggal BPK dikeluarkan. Jika ingin tahu sebuah kendaraan milik siapa maka buka halaman ini.

Identitas kendaraan

bagian identitas kendaraan

Halaman ketiga berisi identitas kendaraan. Mencatat lengkap plat nomor, warna kendaraan, merek, tipe, jenis, model, tahun pembuatan, ukuran CC, nomor rangka, nomor mesin, bahan bakar dan jumlah roda. Informasi identitas kendaraan ini biasanya membutuhkan 2 halaman.

Dokumen registrasi pertama

bagian dokumen resgistrasi pertama

Halaman kelima BPKB berisi Dokumen Persyaratan Registrasi Pertama. Yaitu informasi mengenai kelengkapan administrasi pada saat pengajuan pembuatan BPKB.

Catatan Polisi

bagian bpkb motor catatan kepolisian

Pada BPKB baru halaman Catatan Polisi ini akan kosong. Halaman ini biasanya baru terisi saat BPKB diterbitkan kembali semisal karena BPKB lama rusak akibat banjir, kebakaran atau penyebab lainnya.

Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu

Secara sekilas wujud BPKB palsu akan sama dengan contoh BPKB motor yang asli. Karena itu kita harus memiliki trik khusus untuk membedakannya. Cara membedakan BPKB asli yang dimaksud disini adalah BPKB motor. Harusnya sama dengan BPKB mobil, namun tidak bisa memastikan karena tidak ada fisik BPKB-nya untuk dilihat lebih lanjut.

5 Cara membedakan BPKB motor asli dan palsu :

cara membedakan bpkb asli dan palsu

1. Sampul mengkilap

BPKB asli memiliki sampul atau cover yang mengkilap. Terdapat hologram dovid lambang Polri dan tulisan BPKB serta bingkai yang terasa kasar apabila diraba (khususnya pada halaman 1 dan halaman terakhir di balik cover). Desain yang akan sulit diikuti oleh BPKB palsu. Atau jika teknologi pemalsu sudah sangat maju sehingga bisa membuat yang sama persis, lanjut ke pengecekan berikutnya.

2. Hologram berwarna abu-abu

BPKB asli memiliki hologram dengan warna abu-abu. Warna tersebut akan tetap abu-abu dan tidak berubah warna saat diterawang. Sementara pada BPKB palsu warna hologram biasanya akan berubah-ubah. Mungkin mereka bisa membuat warna hologramnya abu-abu, tetapi akan berubah menjadi kuning saat diterawang.

3. Cek nomor seri dibawah hologram

Hologran pada BPKB yang asli disertai dengan nomor seri. Nomor seri ini berisi kode yang menunjukkan asal kepolisian daerah tempat BPKB tersebut terdaftar. Karena penomoran ini bersifat rahasia, pemalsu tidak bisa menduplikasinya. Biasanya akan ditulis asal atau mencontoh dari nomor lainnya.

4. Cek identitas pemilik

Objek utama perubahan pada BPKB palsu adalah pada identitas kendaraan. Bagian inilah yang diedit menyesuaikan kendaraan yang akan disertakan. Sedang pada bagian identitas pemilik akan dibiarkan sesuai aslinya. Berhati-hatilah jika mendapati BPKB dengan identitas pemilik yang tidak sama dengan yang membawanya (pemilik kendaraan/penjual). Tidak selalu pasti itu palsu tetapi mulai berhati-hati karena keanehan sudah ditemukan.

5. Terdapat lambang Korlantas

Meski sudah menduplikasi semirip mungkin mengikuti contoh BPKB motor, BPKB palsu akan selalu memiliki celah. Salah satu yang akan sulit diikuti adalah membuat lambang Korlantas. BPKB yang asli memiliki lambang Korlantas yang bisa dijumpai di halaman terakhir. Lambang Korlantas ini baru jelas terlihat menggunakan sinar ultraviolet atau sinar matahari yang menyinari. Inilah pengecekan terakhir untuk memfinalisasi apakah BPKB tersebut asli atau palsu.

Catatan contoh BPKB motor

Melihat contoh BPKB motor bisa memberikan gambaran yang jelas dan gamblang tentang seperti apa BPKB itu. Kamu tahu bahwa buku ini sama penting dengan unit kendaraannya. Pemilik kendaraan yang tidak bisa menunjukkan BPKB maka kepemilikannya diragukan. Sedang yang memegang BPKB meski tanpa kendaraan bisa mengklaim bahwa itu adalah kendaraannya. Bukti kepemilikan sudah seharusnya dipegang oleh pemilik.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar