Cara Mengubah Pembayaran Google Play dengan Pulsa. Cek!

Cara mengubah pembayaran Google Play dengan pulsa – Pada saat akan melakukan pembelian pada aplikasi Google Play, tentu hal yang harus dilakukan dengan memilih cara atau metode pembayaran. Untuk metode pembayaran yang disediakan tergolong bervariasi baik kartu debit, kartu kredit, pulsa, sampai dompet digital.

Bagi masyarakat Indonesia tentu saja metode pembayaran menggunakan pulsa cukup menarik perhatian. Metode ini bisa dijadikan pilihan akan tetapi banyak pula yang bingung mengenai bagaimana cara mengubah pembayaran Google Play dengan pulsa.

Metode Pembayaran Menggunakan Pulsa

cara mengubah pembayaran google play dengan pulsa

Pengubahan metode pembayaran tentunya akan sangat berguna terlebih lagi bagi kamu yang tidak memiliki kartu debit, kartu kredit, bahkan dompet digital. Langkah-langkahnya tergolong cukup mudah seperti berikut ini.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara mengubah pembayaran Google Play dengan pulsa :

  1. Ke Google Play

    Buka aplikasi Play Store pada perangkat Android mu.

  2. Buka menu utama

    Setelah terbuka maka kamu akan masuk ke halaman utama yang tersedia banyak rekomendasi aplikasi. Pada bagian ini ketuk saja menu dengan bentuk hamburger atau tiga garis yang letaknya di bagian kiri atas.

  3. Pilih metode

    Nantinya akan ada menu yang muncul pilih saja “Payment method / metode pembayaran”.

  4. Pilih pembayaran pulsa

    Pada halaman selanjutnya kemudian akan muncul pilihan dari beberapa metode pembayaran dan pilih saja “use (nama operator billing)”. Pilihan tersebut biasanya tergantung dari operator SIM yang digunakan pada SIM utama atau SIM 1 (untuk smartphone dengan fitur dual sim).

  5. Konfirmasi

    Nantinya akan keluar halaman untuk melakukan konfirmasi. Tekan saja tombol enable untuk melakukan persetujuan serta tunggulah proses verifikasi tadi selesai.

  6. Pastikan nama operator muncul

    Jika verifikasi telah selesai maka nama operator akan muncul di halaman payment method.

Cara mengubah pembayaran Google Play dengan pulsa tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Sehingga nantinya ketika melakukan pembelian pada aplikasi Google Play Store akan secara otomatis muncul pilihan untuk melakukan pembayaran menggunakan pulsa.

Setelah melakukan perubahan namun tidak tercantum pilihannya maka tidak perlu khawatir. Saat akan melakukan pembayaran klik saja simbol “>” sehingga akan muncul opsi untuk pembayaran lain yang telah dimasukkan sebelumnya dan termasuk di dalamnya pilihan pembayaran dengan pulsa. Klik “Beli” maka secara langsung item yang kamu beli sudah terbayarkan saat itu pula.

Untuk kebutuhan pulsa di Google Play Store, kamu bisa menggunakan aplikasi pinjam pulsa. Dengan aplikasi ini kamu bisa membeli dari mulai nominal 5 ribu sampai 1 juta. Karena konsepnya beli pulsa bayar nanti, kamu bisa bayar bulan depannya.

Pembelian Di Play Store

pembayaran google play dengan pulsa

Bagi kamu yang belum pernah melakukan pembelian di Play Store tentunya akan bertanya-tanya apa saja yang bisa dibeli saja. Aplikasi ini bisa dipergunakan untuk membeli berbagai macam barang yang tersedia di dalam game semacam diamond, game dan barang lain yang tersedia disana.

Tidak hanya berguna untuk membeli barang di game saja melainkan kamu juga bisa menggunakannya untuk membayar biaya berlangganan VIP aplikasi semacam streaming musik, streaming video, buku, dan masih banyak lainnya.

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan yaitu mengenai pajak pembelian menggunakan pulsa. Untuk pembelian menggunakan pulsa tadi akan dikenakan pajak sebesar 10%. Sebagai contoh ketika kamu membeli sesuatu dari aplikasi seharga 100 ribu maka pulsa yang harus ada dan kamu butuhkan sebesar 110.

Jadi ketika akan membeli sesuatu pastikan pulsa yang ada jangan terlalu pas dengan harga item yang diinginkan karena harga yang tertera belum termasuk dengan pajak. Jadi pada dasarnya cara mengubah pembayaran Google Play dengan pulsa akan sangat memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran.

Kendala Pembayaran Menggunakan Pulsa

Metode pembayaran ini memang sangat memudahkan, namun metode ini juga memiliki kekurangan salah satunya sering muncul tulisan unavailable atau tidak tersedia pada kartu kamu. salah satu cara mudah untuk mengatasinya yaitu lakukan penghapusan billing di nomor tersebut untuk selanjutnya tambahkan kembali.

Masalah lain yang mungkin dihadapi yaitu tidak tersedianya tombol add billing pada kartu. Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan besar yaitu kamu sudah pernah menambahkan nomor lain atau menggunakan nomor lain ketika melakukan pembayaran menggunakan metode pulsa.

Saat menggunakan metode pembayaran menggunakan pulsa terkadang kamu ingin menggunakan operator baru. Jadi dengan kata lain kamu ingin mengalihkan pembayaran dari operator lama ke operator baru. Satu-satunya cara yaitu lakukan penghapusan billing lalu tambahkan dengan yang baru, dikarenakan billing yang sudah pernah dipergunakan untuk melakukan pembayaran akan menempel.

Pada dasarnya bervariasinya metode yang tersedia di Google Play Store memang sengaja di desain untuk mempermudah para penganutnya untuk melakukan pembayaran. Walaupun metode pembayaran menggunakan kartu debit, kredit bahkan dompet digital sudah mulai menjamur akan tetapi banyak masyarakat Indonesia yang tidak menggunakannya.

Salah satu alternatif lain yaitu pulsa dimana semua orang yang memiliki smartphone pasti bisa menggunakan metode pembayaran pulsa ini. Jadi bagi kamu yang sering melakukan pembelian di Google Play Store maka cara mengubah pembayaran Google Play dengan pulsa diatas bisa kamu praktekan. Namun hal penting yang perlu diperhatikan disini adalah fitur ini sering mengalami kendala sehingga perlu beberapa perbaikan supaya fitur bisa berjalan dengan lancar.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar