BSI Easy Mudharabah. Setoran, Saldo & Biaya Admin

Easy Mudharabah merupakan salah satu jenis tabungan di BSI. Termasuk tabungan reguler atau untuk kebutuhan transaksional. Jika kamu tidak memiliki kebutuhan tabungan yang spesifik, buka saja rekening Easy Mudharabah. Fasilitas dan fitur yang disediakan bisa menunjang kebutuhanmu dalam bertransaksi.

Apa Itu BSI Easy Mudharabah?

Tidak perlu bingung dengan penggunaan istilah yang Inggris-Arab ini. Penamaan akan terdengar atraktif dan terkadang susah dilafalkan saat kita belum mengetahui arti yang terkandung didalamnya.

Pengertian

pengertian bsi easy mudharabah

BSI Easy Mudharabah adalah tabungan dengan pilihan akad Mudharabah Muthlaqah yang sesuai prinsip syariah. Uang yang kamu simpan akan dikelola secara mutlak oleh BSI agar diperoleh keuntungan. Nantinya kamu akan mendapatkan bagi hasil dari keuntungan tersebut dengan perhitungan sesuai ketentuan.

Persyaratan proses pendaftaran

Semua calon nasabah bisa membuka rekening Easy Mudharabah karena syaratnya yang mudah.

Syarat pembukaan rekening Easy Mudharabah :

  • Warga Negara Indonesia: memiliki KTP dan NPWP (jika ada)
  • Warna Negara Asing: memiliki paspor dan Kartu Izin Menetap Sementara (KIM/KITAS)

Untuk pembukaan rekening bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang Bank Syariah Indonesia terdekat atau bisa juga secara online.

Benefit dan Keungulan

Sebagai tabungan reguler dengan jangkauan transaksi yang luas, BSI Easy Mudharabah menawarkan keuntungan bagi nasabah yang membuka rekening jenis ini.

Keuntungan Easy Mudharabah :

  • Gratis biaya tarik tunai di seluruh ATM BSI & ATM Bank Mandiri
  • Bebas biaya transaksi di seluruh EDC Bank Mandiri, Semua EDC Bank di Indonesia dan EDC berjaringan PRIMA
  • Kemudahan transaksi dengan mobile banking dan net banking
  • Kartu ATM yang dapat digunakan di seluruh ATM BSI, Bank Mandiri, ATM Bersama, ATM Prima, ATM Link, dan ATM berlogo VISA
  • Dapat dibuka melalui pembukaan rekening online. Baca : Cara buka rekening BSI online

Setoran Awal

Setoran awal di BSI Easy Mudharabah adalah Rp 100.000. Jika kamu membuka rekening melalui kantor cabang maka setoran awal ini bisa diserahkan langsung ke Customer Service. Namun jika pembukaan rekening menggunakan jalur online, setoran awal dilakukan dengan cara transfer ke rekening yang ditentukan atau bisa juga menyerahkannya ke kantor cabang BSI terdekat.

Biaya Administrasi BSI Easy Mudharabah

biaya administrasi per bulan

Biaya administrasi Easy Mudharabah adalah Rp 10.000 per bulan. Biaya ini akan dipotong dari tabunganmu pada tanggal tertentu setiap bulannya. Selain itu ada juga biaya admin untuk kartu debit atau ATM. Biaya admin untuk kartu debit ini berbeda-beda tergantung jenis kartu yang kamu gunakan. Yaitu :

  • GPN Silver : Gratis
  • GPN Gold : Rp 1.000
  • GPN Platinum : Rp 2.000
  • Visa Silver : Rp 1.000
  • Visa Gold : Rp 2.000
  • Visa Platinum : Rp 3.000

Saldo Minimal

Saldo minimal di BSI Easy Mudharabah adalah Rp 50.000. Itu artinya kamu harus menyisakan Rp 50.000 ditabunganmu sebagai “penjaga”. Saldo minimal ini tidak terlihat saat kamu melakukan pengecekan saldo melalui mobile banking, internet banking maupun ATM. Ia hanya akan muncul saat melakukan Print buku tabungan.

Jika saat melakukan pengecekan saldo melalui m banking tertera disana Rp 1.000.000, sebenarnya saldo keseluruhanmu adalah Rp 1.050.000. Kamu bisa mengambil semua yang 1 juta tersebut dan sadomu akan tertera Rp 0. Lima puluh ribu saldo minimal yang tersimpan akan diserahkan saat melakukan penutupan rekening.

Perhitungan Bagi Hasil

BSI Easy Mudharabah memberikah nisbah atau bagi hasil sesuai besar tabungan yang dimiliki. Semakin besar nominalnya maka akan semakin besar bagi hasil yang didapatkan.

Perhitungan bagi hasil Easy Mudharabah adalah sebagai berikut :

SaldoNasabahBank
< Rp 1.000.0001%99%
Rp 1.000.000 – < Rp 50.000.0002%98%
Rp 50.000.000 – < Rp 100.000.0003%97%
Rp 100.000.000 – < Rp 500.000.0005%95%
Rp 500.000.000 – < Rp 1.000.000.0007%93%
Rp 1.000.000.00013%87%
Bagi hasil BSI Easy Mudharabah

Perhitungan bagi hasil di atas Krediblog dapatkan dari CS BSI pada Maret 2023. Jika ada perubahan porsi bagi hasil nasabah akan diinformasikan minimal 30 hari kerja.

Jenis Kartu ATM BSI Easy Mudharabah

kartu atm bsi easy mudharabah

Easy Mudharabah dilengkapi dengan kartu ATM atau debit. Ada 6 jenis kartu ATM yang bisa kamu pilih. Perbedaan masing-masing kartu tersebut terletak pada limit hariannya.

Jenis KartuLimit Tarik TunaiLimit Transfer Bank LainLimit Transfer Antar BSILimit BelanjaLimit Payment
GPN SilverRp. 5 JutaRp. 10 JutaRp. 25 JutaRp. 25 JutaRp. 25 Juta
GPN GoldRp. 10 JutaRp. 20 JutaRp. 50 JutaRp. 50 JutaRp. 50 Juta
GPN PLatinumRp. 15 JutaRp. 50 JutaRp. 100 JutaRp. 100 JutaSesuai Saldo
Visa SilverRp. 5 JutaRp. 10 JutaRp. 25 JutaRp. 25 JutaRp. 25 Juta
Visa GoldRp. 10 JutaRp. 20 JutaRp. 50 JutaRp. 50 JutaRp. 50 Juta
Visa PLatinumRp. 15 JutaRp. 50 JutaRp. 100 JutaRp. 100 JutaSesuai Saldo
Jenis kartu ATM BSI Easy Mudharabah

Jaga kartu ATM mu dengan baik. Karena jika hilang atau rusak kamu akan dikenakan biaya penggantian kartu sebesar Rp 25.000.

Fasilitas E-Channel

Selain fasilitas transaksi mesin ATM dan EDC, Semua nasabah Easy Mudharabah akan mendapatkan fasilitas e-Channel diantaranya BSI Mobile, BSI Net Banking dan BSI Notifikasi melalui SMS. Hanya BSI Mobile yang gratis. Sedang untuk Net Banking akan ada biaya Rp 2.500/bulan dan Notifikasi SMS Rp 500/SMS.

Catatan BSI Easy Mudharabah

BSI Easy Mudharabah ini kurang lebih mirip dengan Tahapan pada BCA, Britama pada BRI atau Taplus pada BNI. Kamu menyimpan dana untuk kemudahan transaksi. Jika pada bank konvensional kamu mendapatkan bunga maka di Easy Mudharabah kamu akan mendapatkan bagi hasil.

Jika kamu berniat membuat rekening di Bank Syariah Indonesia dan ingin menyimpan dana di tabungan reguler, maka Easy Mudharabah ini adalah opsi pertama yang bisa kamu pilih. Opsi keduanya adalah BSI Easy Wadiah.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar