Print Out Buku Tabungan. Syarat & Cetak via Internet Banking

Print Out buku tabungan – Rekening koran adalah sebuah istilah yang berasal dari Bahasa Belanda yaitu courant. Rekening koran sendiri memiliki pengertian sebuah ringkasan keuangan secara menyeluruh dari sebuah rekening baik individu maupun badan usaha.

Bagi yang belum paham, rekening koran merupakan nama lain dari print out buku tabungan. Biasanya data yang terlampir dalam rekening tersebut seperti alur debit serta kredit, kemudian termasuk juga di dalamnya berupa dana transfer baik keluar atau masuk.

Sebelum teknologi berkembang seperti sekarang, nasabah ketika akan mengecek seluruh data rekeningnya menggunakan rekening koran. Untuk ketentuan ataupun syarat print out buku tabungan pada masing-masing bank berbeda ketentuannya.

Biasanya ada bank yang secara berkala memberitahukan atau mengirimkan informasi kepada nasabahnya walaupun tidak diminta. Namun ada juga nasabah yang harus datang sendiri ke bank dan melakukan proses pengajuan terlebih dahulu. Terkadang proses pengajuannya, nasabah diharuskan menunggu beberapa saat sebelum mendapatkan rinciannya. Hal ini karena customer service akan meminta persetujuan dari atasan atau pejabat senior terlebih dahulu.

Namun saat ini para nasabah dipermudah dalam hal mengakses informasi transaksi keuangan menggunakan sistem online. Nantinya nasabah mampu melihat seluruh daftar transaksi bahkan hingga mutasi rekening melalui mesin ATM, website bank, dan mobile application.

Manfaat Cetak Buku Tabungan

manfaat print out buku tabungan

Walaupun permintaan untuk print out buku tabungan sudah mulai jarang, akan tetapi ada beberapa yang masih membutuhkannya. Hal ini dikarenakan rekening koran memiliki manfaat bagi nasabahnya, adapun beberapa manfaatnya sebagai berikut :

1. Mengetahui ringkasan transaksi

Internet banking atau mobile banking memang dapat menampilkan rincian transaksi, akan tetapi terbatas dan hanya mampu per 30 hari saja. Ini tentunya berbeda ketika kamu mencetak buku tabungan yang bisa menampilkan rincian transaksi dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan yang kamu inginkan.

2. Untuk syarat pelaporan pajak

Bagi kamu yang sudah bekerja, tentunya buku tabungan merupakan dokumen yang wajib dimiliki. Salah satu kegunaannya untuk hal penting semacam pelaporan pajak tahunan. Biasanya dinas perpajakan meminta lembar buku tabungan dan rincian jumlah uang per tahun.

3. Syarat utama pinjam

Pada saat kamu akan mengajukan pinjaman ke bank dan jenis pembiayaan lain seperti Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), pihak bank meminta riwayat transaksi.

Maka dari itu cetak buku tabungan merupakan dokumen yang penting dipergunakan sebagai penunjang ataupun bukti jika rekening calon nasabah memiliki alur yang sehat. Ketika transaksi keuangan serta tabungan lancar, membuat pengajuan pinjaman menjadi lebih mudah.

4. Mengajukan kartu kredit

Tidak dipungkiri saat ini sudah banyak yang melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Untuk kamu yang juga menginginkannya tentu saja dokumen transaksi tabungan merupakan dokumen yang menjadi bahan pertimbangan pihak bank.

Syarat Mendapatkan Rekening Koran

syarat cetak rekening koran

1. Buku Tabungan Asli

Cara print out buku tabungan yang pertama yaitu nasabah diharuskan datang ke bank dengan membawa buku tabungan asli. Kemudian beritahukan kepada petugas maksud dan tujuan bahwa ini melakukan pencetakan buku tabungan dengan memberikan buku tabungan asli.

Penting untuk diketahui bahwa pencetakan tidak boleh diwakilkan, jadi yang datang ke tempat harusnya memilih buku tabungan itu sendiri.

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Setelah menyerahkan buku tabungan asli maka petugas akan meminta KTP guna melakukan pencocokan identitas dengan buku tabungan. Sebenarnya untuk identitas tidak terbatas pada KTP saja akan tetapi dokumen lain seperti SIM ataupun paspor jika tidak bisa menunjukkan KTP.

3. Kartu Debit

Syarat lain untuk print out buku tabungan yaitu kartu debit yang mana berguna untuk bukti kepemilikan rekening serta nasabah bank. Kartu debit ini penting untuk kamu bawa, jangan sampai lupa karena tanpa kartu tersebut petugas tidak bisa melakukan pencetakan buku tabungan.

4. Biaya Cetak

Berbicara mengenai biaya cetak dari rekening koran ini sangatlah bervariasi. Ini tergantung dari kebijakan dari masing-masing bank.

  • Bank BCA Rp 2.500 untuk 1 lembar
  • Bank BNI Rp 2.500 hingga Rp3.000 untuk 1 lembar
  • Bank Mandiri Rp 2.500 untuk 1 lembar (3 bulan transaksi), Rp5.000 untuk 1 lembar (6 bulan)
  • Bank Permata Rp 10.000 untuk 1 lembar
  • Bank BRI Rp 25.000 untuk 1 lembar (lebih dari 12 bulan).

Baca juga profil bank yang kekinian : Tunaiku Amar Bank. Bank digital pertama yang fokus ke teknologi.

Cetak Rekening Koran Melalui Internet Banking

print out buku tabungan internet banking

Kamu bisa mengecek serta mengunduh transaksi keuangan secara online dengan menggunakan internet banking maupun mobile banking. Cara ini tentu saja sangat mudah sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk datang ke bank.

Bahkan ada beberapa bank yang menawarkan kemudahan untuk nasabahnya supaya bisa memperoleh mutasi rekening, print buku maupun print laporan transaksi online. Jadi ketika kamu memiliki soft copy mutasi maka bisa mencetaknya sendiri.

Namun ketika kamu memerlukan print out buku tabungan dengan stempel bank, maka kamu harus datang dan mengurusnya ke bank.

Jadi itulah informasi mengenai manfaat, syarat dan cara melakukan pencetakan buku tabungan yang bisa kamu ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan jika suatu saat kamu memerlukannya maka sudah mengetahui caranya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar