Cara Kabur dari Pinjaman Online dan Resiko Beratnya

Cara kabur dari pinjaman online adalah jenis informasi yang berbahaya. Disebut begitu karena darinya pengguna bisa mendapatkan gambaran cara melarikan diri dari tanggungjawab membayar hutang di aplikasi. Namun informasi ini juga perlu disampaikan karena memuat konsekuensi atau resiko jika tetap nekat melakukannya.

Kamu belum disebut kabur jika masih mengusahakan untuk membayarnya. Namun tidak juga disebut sungguh-sungguh mau membayar jika tidak ada upaya konkret yang dilakukan. Jauh sebelum serbuan aplikasi pinjaman online, menagih kepada yang berhutang (khususnya yang menunggak) sudah menjadi problem yang rumit. Pinjaman online mendigitalkan kerumitan tersebut. Konsekuensi dari gagal bayar tidak lagi hanya dirasakan di kehidupan offline, tapi juga rusaknya reputasi di ranah online.

Jika kamu sedang bermasalah dengan pinjaman online dan terbesit pikiran untuk melarikan diri, coba selesaikan membaca tulisan ini. Di akhir tulisan kamu akan bisa memutuskan lebih baik kabur atau menghadapinya dengan gagah berani.

Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

kabur dari pinjaman online ilegal

Pinjaman online ilegal adalah mimpi buruk teknologi keuangan. Tidak terhitung kerugian materi dan non materi yang diakibatkan olehnya. Pinjol ilegal dan Scam ibarat virus bagi teknologi keuangan. Kamu membentengi diri atau akan terinfeksi olehnya. Cara kabur dari pinjaman online lebih dimaksudkan untuk yang versi ilegal seperti ini. Karena tidak ada cara terbaik selain memutuskan hubungan.

Resiko Melarikan Diri dari Pinjol Ilegal

Agar keputusan kabur dari pinjol ilegal tidak berdampak terlalu buruk, pahami resiko yang mungkin timbul. Bersiap dengan konsekuensi adalah cara terbaik untuk meredam potensi kerusakannya. Jika resiko-resiko berikut sudah siap kamu tanggung, maka dalam pelarian nanti kamu tidak akan menoleh ke belakang lagi.

Berikut resiko kabur dari pinjaman online ilegal :

Akumulasi denda yang tidak masuk akal

Jangan kaget jika kamu diberitahu nominal dendanya sudah berkali-kali lipat dari pinjaman pokok. Ilegal-mah bebas, suka-suka mereka. Harapannya agar pengguna panik dan buru-buru membayar.

Teror penagihan ke semua kontak

Meminjam di pinjol ilegal 99% daftar kontakmu pasti disadap. Mereka memiliki salinan kontakmu dan siap menagih hutangmu kepada setiap kontak yang nomornya kamu simpan.

Penyebaran data pribadi

Dari mulai membuatkan grup WA khusus yang berisi daftar kontakmu, mem-broadcast status hutangmu berulang-ulang layaknya promosi hingga memposting foto dan KTP mu di sosial media. Tujuannya satu : membuatmu malu.

Penyalaghunaan data

Ini resiko yang paling parah. Datamu akan digunakan untuk mengajukan pinjaman di pinjol ilegal lain, diperjualbelikan atau bentuk eksploitasi lainnya. Mereka harus mendapatkan untung darimu atau sekurang-kurangnya tidak melepasmu begitu saja.

Bagaimana Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

cara kabur dari pinjaman online ilegal

Ke empat resiko diatas lebih banyak menyerang sisi mental atau psikis. Dengan kata lain akan ada guncangan hebat di hidupmu jika berurusan dengan pinjol ilegal. Meski begitu resiko tersebut masih lebih ringan dibanding terus mengikuti permainan mereka. Lebih baik sakit sekali setelah itu selesai daripada menanggungnya berkali-kali tanpa tahu kapan akan berakhir.

Jika kamu siap menerima semua resikonya, berikut cara kabur dari pinjaman online ilegal :

1. Abaikan pesan dan panggilan

Semakin lama kamu menunggak akan semakin intens mereka dalam menagih. Frekuensinya meningkat dengan level kekerasan verbal yang kian barbar. Jika serius mau kabur jangan pernah meresponnya. Selain sia-sia karena hanya akan berakhir dengan perdebatan tanpa akhir, memberi respon biasanya malah membuat DC “ngelunjak”. Tak ada percakapan baik-baik yang bisa dibangun saat berbicara dengan orang yang orientasi utamanya “transfer sekarang” dan “bayar hari ini juga”.

2. Blok nomor DC

Debt Collector baik secara manual maupun menggunakan Bot akan terus menghubungi tanpa henti. Bombardir dan sporadis adalah 2 jalur utama yang digunakan. Blok setiap nomor DC yang menghubungimu. Karena bukan 1 atau 2 nomor yang akan melakukan penagihan, kemungkinannya kamu akan memblok belasan hingga puluhan nomor DC. Kamu juga perlu berhati-hati pada setiap panggilan nomor tidak dikenal karena bisa jadi itu DC dengan nomor baru.

3. Ganti nomor Hp

Komunikasi utama pengguna dengan pinjol ilegal adalah melalui nomor Hp. Yang artinya ketika nomor Hp tidak aktif komunikasi akan terhambat. Lebih jauh jika kamu mengganti nomor Hp, praktis komunikasi akan terputus. Semua pesan berisi tagihan maupun panggilan dari DC tidak akan pernah sampai. Mengganti nomor Hp terdaftar adalah cara paling efektif untuk kabur dan menghilang dari pinjol ilegal. Dampaknya bagi mereka seperti kamu menghilang ditelan bumi.

4. Beri pengumuman ke semua kontak

Setelah 3 langkah diatas kamu terapkan, pihak pinjol ilegal mulai mendeteksi alarm bahaya. DC akan mulai menghubungi setiap kontakmu baik untuk mencari informasi maupun tanpa malu melakukan penagihan. Kamu bisa mencegah kekacauan semacam ini dengan terlebih dahulu melakukan pengumuman. Broadcast kepada semua kontakmu untuk mengabaikan jika ada penagihan yang datang. Sampaikan bahwa itu penipuan dan minta mereka untuk 100% mengabaikannya.

5. Jalani hidup baru

Pada titik ini biasanya tekanan DC sudah mulai berkurang drastis bahkan nyaris menghilang. Mereka kehilangan jejakmu dan tidak menemukan cara lain yang mempan untuk mengganggumu. Jika kamu serius untuk kabur dari pinjaman online bukan untuk kali ini saja namun selamanya, maka sekarang saatnya untuk memulai kehidupan baru. Tingkatkan penghasilanmu dengan cara yang kamu bisa dan jangan lagi berurusan dengan pinjol ilegal apapun alasannya.

Dengan semua cara kabur dari pinjaman online ilegal yang sudah disebutkan, apakah itu berarti Krediblog menyarankan untuk kabur? tidak. Krediblog masih bersikeras bahwa hutang harus dibayar karena itu tanggung jawab pribadi. Namun kaitannya dengan tanggungjawab sosial tidak membayar di pinjol ilegal bisa diterima. Karena hanya dengan cara kolektif seperti inilah para pinjol bodong itu akan bangkrut dan berhenti beroperasi.

Kabur dari Pinjaman Online Legal

kabur dari pinjol legal

Berbeda dengan yang ilegal, pinjaman online legal memiliki dasar aturan yang kuat. Melawannya berarti kamu akan dihadapkan dengan perangkat alat hukum yang siap menjerat. Tentu saja tetap ada cara kabur dari pinjaman online legal ini, tapi manfaat yang kamu dapatkan tidak sepadan dengan resiko yang menyertainya. Dalam ungkapan yang lebih lugas, kabur dari pinjaman online legal sama saja dengan melanggar hukum (perdata).

Berikut resiko atau hal-hal yang akan terjadi jika kamu kabur atau gagal bayar di pinjol legal :

Denda yang tinggi

Denda keterlambatan akan terus terakumulasi hingga mencapai batas maksimal. Semakin lama kamu menunggak denda yang harus kamu bayar bisa mencapai 100% dari pinjaman pokok.

Penagihan ke kontak darurat

Kontak darurat yang kamu daftarkan pada saat pengajuan akan mulai dihubungi perihal hutangmu. Ini akan mulai mengganggu karena biasanya para kontak darurat akan ikut menekanmu disamping DC yang rutin menagih.

Pelaporan ke SLIK OJK dan Pusdafil

Pinjol legal OJK melakukan pelaporan ke SLIK dan Pusdafil secara rutin. Jika status pembayaranmu tercatat buruk, semua lembaga keuangan yang tergabung di SLIK akan mengetahuinya. Begitu juga catatan histori di Pusdafil.

Black List BI atau OJK

Kabur atau gagal bayar akan tercatat sebagai Kolektibilitas 5 atau macet. Jangankan 5, Kolektibilitas 3 sudah membuat lembaga keuangan formal lain enggan untuk memberikan pinjaman atau kreditnya kepadamu.

cara kabur dari pinjaman online legal

Melihat resikonya yang lebih banyak menyerang reputasi, kabur jelas ide yang buruk. Jikapun ada manfaatnya itu hanya sesaat yaitu menghindarkanmu dari mengeluarkan uang saat ini. Setelahnya jika kamu peduli dengan nama baikmu uang tersebut akan kamu keluarkan juga pada akhirnya.

Berikut cara kabur dari pinjaman online legal jika kamu masih penasaran :

1. Abaikan semua penagihan

Jangan pernah merespon email, pesan atau panggilan dari DC yang menagih. DC pinjol legal biasanya menghubungi dari nomor yang sama, ketika panggilan itu datang biarkan saja dan tidak perlu menjawab. Keheningan seperti itu jauh lebih baik daripada menjelaskan keadaanmu yang bagaimanapun sulitnya tetap tidak akan bisa mereka mengerti.

2. Blok nomor Debt Collector

Pada tipe pinjol yang menggunakan penagih lebih dari 1 orang, lakukan blokir pada setiap nomor yang pernah masuk. Jangan takut dianggap brengsek toh kamu berencana untuk kabur dan tidak membayarnya. Tujuan terdekatmu adalah mengenali nomor dari setiap DC yang masuk untuk kemudian memblokirnya.

3. Ganti nomor Handphone

Sekarang ini nomor Hp sama pentingnya dengan KTP. Ia menjadi identitas dan menyimpan akses login ke berbagai web dan aplikasi. Jika mungkin untuk dilakukan, pertimbangkanlah untuk mengganti nomor Hp mu. Pergantian nomor Hp bisa sangat meredam kebisingan. Kamu tidak akan bisa dihubungi dan tidak perlu repot-repot menolak panggilan masuk.

4. Kabari kontak darurat

Saat kamu tiba-tiba tidak bisa dihubungi atau hilang kontak, pihak pinjol akan mencari informasi ke kontak daruratmu. Mereka akan bertanya keberadaanmu dan meminta nomor yang bisa dihubungi. Bergeraklah lebih cepat dengan lebih dulu mengabari kontak daruratmu. Sampaikan kamu sedang dalam kesulitan dan jika ada yang menghubungi bilang tidak tahu dan jangan pernah memberikan nomor barumu.

5. Pindah alamat

Pinjol resmi OJK memiliki banyak prosedur legal untuk melakukan penagihan, salah satu yang sangat ampuh adalah berkunjung ke rumah. Kamu mungkin bisa menghindari DC yang datang ke rumah 2-3 kali, tapi tidak seterusnya. Maka jika kamu sudah menatapkan kabur sebagai pilihanmu, pertimbangkanlah untuk pindah tempat tinggal. Bagian ini memang paling merepotkan, tapi sedari awal kamu sudah tahu bahwa pelarian ini tidak akan mudah.

Meski cara kabur dari pinjaman online legal juga dijelaskan, Krediblog tidak menyarankan untuk melakukannya. Alasannya satu, tidak membayar di pinjol legal dampaknya berkepanjangan bahkan bisa sampai seumur hidup. Reputasi burukmu akan tercatat di SLIK OJK dan akan selamanya disana sampai kamu melakukan pembersihan nama baik (melakukan pembayaran).

Baca juga : Apakah pinjol masuk BI Checking?

Catatan

catatan krediblog

Krediblog terdaftar di cukup banyak aplikasi pinjol, diantaranya : Kredivo, Akulaku, JULO, Kredit Pintar, Shopee Pinjam, AdaKami, Indodana, Kredifazz hingga Tunaiku. Pada masing-masing aplikasi tersebut, hal pertama yang Krediblog lakukan sebelum mengajukan pinjaman adalah memastikan sumber dana untuk membayar tagihannya. Cicilan dari pinjol ini akan dibayar menggunakan uang dari sini.

Tidak semua orang cocok dengan pinjaman online. Berhutang sudah merupakan beban tersendiri saat tiba waktunya membayar dan sistem pada pinjol membuatnya lebih menakutkan dengan eskalasi otomatis pada sangsi dan denda. Menghindari berakhir dengan kabur atau pelarian tak berujung, timbang kemampuanmu membayar sebelum memutuskan meminjam di pinjaman online.

FAQ

Apakah setelah 90 hari Pinjol tidak boleh menagih?

Aturan tersebut sifatnya himbauan. Pada prakteknya penagihan tetap dilakukan meski sudah lewat jauh dari 90 hari.

Pinjol sebar data lapor kemana?

Penyebaran data sudah termasuk tindak pidana dan menjadi ranah polisi.

Berapa lama blacklist akan hilang?

Sampai kamu melakukan pembayaran

Apakah pinjol bisa melacak lokasi?

Bisa. Kebanyakan aplikasi pinjol bisa mengetahui dari lokasi mana pengguna mengakses aplikasinya.

Apakah Pinjol bisa meretas WA?

Pada yang legal tidak karena itu pelanggaran privasi. Pada yang ilegal mungkin jika aplikasinya didesain untuk itu.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar