Apakah di Tokopedia Bisa Pinjam Uang? Untuk yang Tertarik

Apakah di Tokopedia bisa pinjam uang tunai? Shopee menyediakan SPinjam untuk pengguna setianya, masa marketplace sebesar Tokopedia yang selalu bersaing ketat dengan Shopee tidak mengimbangi dengan layanan yang serupa?

Sebenarnya Tokopedia sudah dari dulu menyediakan layanan pinjaman tunai semacam ini. Namun yang Tokopedia lakukan sekedar mempromosikannya. Mereka tidak terlibat langsung dengan penyedia pinjaman melainkan hanya mereferensikan melalui aplikasi Tokped.

2 Layanan Pinjam Uang di Tokopedia

2 layanan pinjam uang di tokopedia

Sekarang apakah di Tokopedia bisa pinjam uang? Bisa. Baik sebagai pembeli maupun penjual (seller), Tokopedia meyediakan layanan dana tunai untuk keduanya.

Berbeda dengan sebelumnya kali ini pihak Tokopedia terlibat langsung. Tokopedia bekerjasama dengan perusahaan penyedia sekaligus membrandingnya sebagai produk mereka. Berikut 2 layanan pinjam uang di Tokopedia selengkapnya:

1. GoPay Pinjam

GoPay Pinjam adalah layanan pinjaman tunai hasil kerjasama antara Gojek dengan perusahaan fintech lending PT Mapan Global Reksa (Findaya). Menyediakan plafon pinjaman hingga 15 juta dengan pilihan tenor cicilan mulai 2 hingga 6 bulan.

GoPay Pinjam ditawarkan untuk semua pengguna Tokopedia dan bisa diajukan langsung melalui aplikasi Tokopedia. Layanan ini sudah ada sebelum Gojek bergabung dengan Tokopedia. Dan setelah Gojek Tokopedia bersatu (GoTo Group), GoPay Pinjam resmi menjadi produk Tokopedia.

Dokumen yang Diperlukan
  • KTP
  • Selfie dengan KTP
Syarat & Ketentuan
  • Memiliki akun Gojek aktif dan tersambung ke Tokopedia
  • Warga Negara Indonesia
  • Usia 21 – 60 tahun

Detail GoPay Pinjam bisa dilihat pada tabel berikut :

ItemDetail
NamaGoPay Pinjam
Jumlah pinjamanRp 200.000 – Rp 15.000.000
Lama pengembalian2 – 6 bulan
Bunga per Bulan1,26% – 1,91%
Biaya layananMulai 1,95% per bulan
Biaya provisi5,3% dari jumlah pinjaman
Tabel pinjam uang di Tokopedia dengan GoPay Pinjam

2. Modal Toko

bisa pinjam uang di tokopedia melalui modal toko

Modal Toko adalah layanan pinjaman tunai khusus untuk Seller di Tokopedia. Pinjaman ini ditujukan untuk pengembangan usaha. Seller bisa menggunakan uangnya untuk topup kredit TopAds atau menambah stok dan varian barang. Karena dikhususkan untuk Seller Tokped maka hanya penjual yang bisa mengajukan jenis pinjaman ini.

Modal Toko menyediakan plafon besar yaitu hingga Rp 500.000.000. Limit saldo yang Seller dapatkan akan disesuaikan dengan hasil analisa kredit pada saat pendaftaran. Layanan pinjaman ini hasil kerjasama antara Tokopedia dengan perusahaan fintech lending PT Semangat Gotong Royong (Dhanapala).

Dokumen yang Diperlukan

Seller individu atau perorangan :

  • KTP
  • Selfie dengan KTP
  • NPWP
  • Nama bank penerbit dan nomor rekening bank

Seller badan usaha atau badan hukum :

  • KTP dari Direksi atau pihak yang berwenang mewakili Penjual
  • Akta Pendirian
  • Anggaran Dasar dan Perubahannya
  • Nomor Induk Berusaha
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Nama bank penerbit dan nomor rekening bank
  • Surat Pengukuhan Perusahaan Kena Pajak (untuk PKP) atau surat pernyataan untuk perusahaan non-PKP
  • Surat Keterangan Terdaftar

Detail Modal Toko bisa dilihat pada tabel berikut :

ItemDetail
NamaModal Toko
Jumlah pinjamanRp 2.000.000 – Rp 500.000.000
Lama pengembalian3 dan 6 bulan
Bunga per Bulan2% – 2,49%
Biaya administrasi3%
Tabel pinjam uang di Tokopedia dengan Modal Toko

Alternatif pinjam uang di Tokped

alternatif pilihan

Jika kamu butuh layanan serupa selain GoPay Pinjam dan Modal Toko, dua nama berikut bisa menjadi alternatif. Kamu bisa mendaftar langsung di aplikasi masing-masing tanpa melalui Tokopedia.

Kredivo

Meski sekarang lebih fokus ke layanan paylater, Kredivo masih menyediakan layanan dana tunai. Kelebihan Kredivo adalah bunga pinjaman yang flat dan lebih kecil dibanding aplikasi serupa. Sedang kekurangannya adalah fokus mereka yang sudah beralih ke kredit online sehingga layanan pinjamannya tidak lagi maksimal.

Kamu yang tertarik dengan Kredivo bisa melihat fitur, limit saldo dan layanan lengkapnya di website mereka disini.

JULO

Kebalikan dari Kredivo, JULO adalah aplikasi pinjaman online murni yang baru belakangan merambah ke paylater. Fokus mereka masih lebih besar ke layanan dana tunai sehingga bisa menjadi alternatif yang sesuai.

Kekurangan JULO adalah bunga pinjaman yang lebih besar dibanding penyedia lain. Sedang kelebihannya adalah mereka gercep. Kamu bisa mendaftar dan meminjam langsung di hari yang sama. Ulasan lengkap dan cara daftarnya bisa kamu baca di review JULO.

Catatan apakah di Tokopedia bisa pinjam uang

catatan apakah di tokopedia bisa pinjam uang

Di Tokopedia kamu bisa pinjam uang. Jika kamu seorang pembeli yang datang ke Tokped untuk berbelanja maka bisa menggunakan layanan GoPay Pinjam. Namun jika kamu adalah seorang Seller di Tokopedia yang tertarik untuk mengembangkan usaha, ada Modal Toko yang siap mengucurkan dana.

Sekarang baik toko online maupun marketplace sudah banyak yang menyediakan layanan pinjaman semacam itu. Mereka yang menyediakan barang, mereka juga yang memberikan uangnya. Karena tawaran semacam ini sangat beragam sekaligus masif, maka selektif dan telitilah dalam menentukan pilihan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram