Pinjaman Tunai Kredivo: Tutorial Pinjaman Jumbo (Jumbo Loan)

Kredivo, selain digunakan untuk membeli secara cicilan atau kredit, ada juga fasilitas lainnya yaitu pinjaman tunai Kredivo. Nominal yang bisa kamu pinjam lumayan loh, yaitu hingga Rp 9.500.000 dengan pilihan tenor 3 atau 6 bulan. Proses pencairannya pun cepat, pinjaman kamu bisa cair dalam hitungan jam.

Tutorial Step by Step kali ini akan mengulas cara mengajukan pinjaman tunai dari aplikasi pinjaman online Kredivo. Jenis pinjaman yang akan diulas adalah Pinjaman Jumbo. Pinjaman ini dilakukan oleh Krediblog pada tanggal 24 September 2019 dengan nominal pinjaman Rp 1.500.000.

Jenis Pinjaman Tunai Kredivo

Kredivo memiliki 2 produk pinjaman tunai, yaitu Pinjaman Mini (Mini Loan) dan Pinjaman Jumbo (Jumbo Loan). Pinjaman Mini maksimal pinjaman adalah Rp 1.000.000 dengan tenor 30 hari. Sedangkan Pinjaman Jumbo minimal pinjaman Rp 1.000.000 dengan maksimal pinjaman hingga Rp 9.500.000 dengan pilihan tenor 3 bulan dan 6 bulan. Perhatikan tabel pinjaman tunai Kredivo berikut:

ItemPinjaman MiniPinjaman Jumbo
Minimal PinjamanRp 500.000Rp 1.000.000
Maksimal PinjamanHingga 3.000.000Hingga 9.500.000
Tenor30 hari3 atau bulan
Bunga2.95%2.95% per bulan
Biaya Administrasi6% dari pinjaman6% dari pinjaman

Sebenarnya nominal maksimal Pinjaman Jumbo bukanlah Rp 9.500.000 melainkan sejumlah sisa limit 6 bulan. Jika misalnya akun kamu memiliki limit 6 bulan sebesar Rp 7.500.000, maka kamu bisa dan boleh meminjam sebanyak itu. Yang perlu dicatat adalah nominal yang bisa dipinjam adalah kelipatan Rp 500.000. Jadi jika limitmu Rp 4.800.000 misalnya, nominal maksimal yang bisa kamu pinjam adalah Rp 4.500.000.

Syarat Pengajuan Pinjaman Jumbo

Berbeda denga Pinjaman Mini yang bisa diajukan oleh semua pengguna Kredivo, Pinjaman Jumbo hanya bisa diajukan oleh pengguna dengan akun Premium. Ha ini bisa dimengerti karena untuk pengguna Basic hanya diberikan limit Rp 1.000.000 sedangkan pengguna Premium bisa mendapatkan limit hingga Rp 30.000.000.

Jadi jika kamu berniat mengajukan Pinjaman Jumbo, pastikan akun Kredivomu sudah Premium atau pengguna cicilan. Jika belum segera lakukan Upgrade akun. Untuk mendapatkan pembahasan yang lengkap dan mendalam tentang Kredivo dan fitur-fitunya, silahkan baca ulasanya di review Kredivo.

Bunga dan Biaya Administrasi

Karena limit 6 bulan Krediblog adalah Rp 1.513.498 maka maksimal pinjaman yang bisa didapatkan adalah Rp 1.500.000. Ketika dicek tenor yang 3 bulan besar cicilannya Rp 535.180 per bulan, jadi Krediblog ambil tenor 6 bulan agar cicilannya lebih ringan. Untuk bunga yang dikenakan adalah 2,95% tiap bulannya dan dikenakan biaya administrasi sebesar 6% dari besar pinjaman (Rp 1.500.000) yaitu Rp 90.000. Tabel dibawah ini merangkum detail pinjaman tunai Kredivo yang Krediblog ajukan:

ItemDetail
Jumlah PinjamanRp 1.500.000
Jangka waktu (tenor)6 bulan
Cicilan per bulanRp 281.310
Bunga pinjaman2.95% per bulan
Biaya administrasi6% (Rp 90.000
Jumlah Nett diterimaRp 1.410.000
Total harus dibayarRp 1.687.860
Total bungaRp 187.860

Jika kamu perhatikan, bunga pinjaman tunai di Kredivo jauh lebih murah dibanding aplikasi pinjaman lainnya. Kredit Pintar misalnya, untuk pinjaman dengan nominal yang sama tenor 28 hari, kamu akan dikenakan bunga 0,5% per hari atau total Rp 244.200. Bandingkan dengan Kredivo yang hanya ‘meminta’ darimu sebesar Rp 31.310 tiap bulannya atau tidak sampai dua ratus ribu selama setengah tahun. Untuk jangka waktu lebih lama, Kredivo meminta lebih sedikit.

Step by Step Pinjaman Tunai Kredivo

pinjaman uang tunai di kredivo
Pengajuan pinjaman
  1. Buka aplikasi dan cek sisa limit 6 bulan ( DASBOR).
  2. Pastikan limit 6 bulan kamu diatas Rp 1.000.000. Jika kurang dari jumlah itu akan muncul notifikasi eror “Sisa limit kamu kurang dari Rp 1.000.000” dan proses pinjaman tidak bisa dilanjutkan.
  3. Klik menu icon kantong uang bertuliskan “Pinjaman Jumbo”.
  4. Pilih tujuan pinjaman dan jangka waktu pinjaman atau tenor ( JUMLAH PINJAMAN).
  5. Perhatikan baik-baik halaman “Pinjaman Tunai” ini. Disitu tertera pinjaman yang diajukan, besar cicilan per bulan,  biaya administrasi dan Net dana yang akan kamu terima.
  6. Sekali lagi teliti. Jika jumlah-jumlah tersebut bisa kamu terima, klik LANJUT.
  7. Pilih Bank dan input nomor rekening tujuan transfer dana. Ke nomor rekening inilah dana pinjaman kamu akan dikirim. Input nomor rekening sebanyak dua kali untuk konfirmasi ( BANK TUJUAN).
  8. Pilihan Bank yang tersedia diantaranya: BCA, MANDIRI, BNI, CIMB, BRI, AGRONIAGA, ANZ, dan ARTHA GRAHA. Jika Bank kamu bukan salah satu dari Bank-Bank tersebut, pilih BANK ANDA dan tulis manual nama Bank kamu. Jika semua sudah oke, Klik AMBIL PINJAMAN.
pinjaman tunai kredivo
Konfirmasi pinjaman
  1. Cek baik-baik detail yang tertera pada halaman “Konfirmasi Pinjaman”. Pastikan semua sudah benar, baik jumlah pinjaman yang diajukan maupun Bank tujuan transfer ( KONFIRMASI).
  2. Jika yakin semua sudah sesuai, masukkan PIN Kredivo kamu dan klik KONFIRMASI.
  3. Kredivo akan mengirimkan SMS OTP untuk verifikasi. Lihat dan input OTP tersebut pada halaman VERIFIKASI kemudian klik VERIFIKASI TRANSAKSI.
  4. Jika sukses, akan muncul halaman “Rincian Pinjaman” dengan detail Status dan Order ID ( RINCIAN).
  5. Selamat pinjaman tunai kamu sukses! Silahkan tunggu Kredivo mengirimkan uangnya.

Tanda Pinjaman Tunai Sukses

notifikasi sukses pinjaman tunai kredivo
Notifikasi sukses

Jika semua proses pengajuan pinjaman berjalan lancar dan sukses, Kredivo akan langsung mengirimkan Push Notification menginformasikan bahwa pinjamanmu telah dikirim ( PUSH NOTIFIKASI). Setelahnya kamu juga akan menerima satu atau semua dari notifikasi berikut:

  • SMS. Menginformasikan pinjaman sukses dan tanggal jatuh tempo cicilan pertama.
  • EMAIL. Berisi bahwa pengajuan pinjaman disetujui dan dana akan segera dikirim ke rekening tertera.

Jika kamu tidak menerima salah satu atau semua dari notifikasi di atas, besar kemungkinan ada proses yang kelewat atau detail yang keliru. Silahkan cek dan ricek lagi khususnya Bank dan nomor rekening yang kamu tuliskan. Jika ditemukan kesalahan segera hubungi Tim Support Kredivo untuk dicari tahu solusinya.

Kapan Dana Pinjaman Tunai Kredivo akan di Transfer?

Berdasar FAQ pinjaman tunai Kredivo, tertulis:

Berapa lama Pinjaman Tunai akan ditransfer ke konsumen?

Dana pinjaman diterima oleh peminjam dengan maksimal waktu proses 1 (satu) hari kerja. Jika kamu tidak menerima dana dalam kurun waktu tersebut, kamu dapat menghubungi tim customer service kami di 0807-1-573348.

Disitu disebutkan dana pinjaman tunai Kredivo akan ditransfer maksimal 1 hari kerja. Berarti dana tersebut bisa nyampe ke rekening kamu dalam 1, 2 atau 3 jam dan tidak akan sampai 24 jam. Lalu berapa lama Krediblog menunggu sampai dana pinjaman tersebut akhirnya sampai? ini jawabannya:

dana pinjaman uang kredivo sukses ditransfer

TARARA …….!!! Krediblog mengajukan pinjaman pada pukul 09.40 dan selesai pengajuan pada pukul 09.48. Dan tepat pukul 09.50 Kredivo mengirim uangnya ( DANA DITRANSFER). Itu berarti waktu proses pengajuan pinjaman tunai di Kredivo adalah 2 menit. 1 kata buat Kredivo: Hebat!

Pembayaran Cicilan

Tagihan cicilan pertama Kredivo, baik itu kredit online maupun pinjaman tunai adalah berselang 30 hari dari tanggal terjadinya transaksi. Transaksi diatas terjadi pada tanggal 24 September 2019, itu berarti cicilan pertama Krediblog akan jatuh tempo pada tanggal 24 Oktober 2019 sebesar Rp 281.310.

Untuk channel pembayaran yang tersedia diantaranya: Transfer Bank (BCA, Mandiri, Permata, BRI, BNI), Indomaret, Alfamart, Tokopedia dan Bukalapak. Pilih saja mana yang paling mudah buatmu. Meski kebanyakan dari kita lebih memilih transfer bank menggunakan mobile banking karena mudah dan praktis, tapi Krediblog menjumpai ada juga yang membayar cicilan melalui Indomaret atau Alfamart.

Denda Keterlambatan

Sudah baik-baik dipinjamkan uang kalau bisa sih jangan sampai telambat membayar cicilan. Setidaknya itu bisa menjadi bentuk terimakasih kita atas ‘kebaikan’ Kredivo. Tapi kalau karena sesuatu hal kamu terpaksa harus terlambat membayar, maka konsekuensinya kamu akan dikenakan bunga keterlambatan 4% per 30 hari dan biaya keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

Misal jika Krediblog baru bisa membayar cicilan pertama pada tanggal 30 Oktober 2019 (terlat 6 hari) maka akan dikenakan bunga keterlambatan sebesar Rp 11.300 dan biaya keterlambatan sebesar Rp 16.900. Jadi total tagihan yang harus dibayar adalah Rp 309.510.

Meski tidak besar denda yang dikenakan Kredivo, namun jika kamu sering terlambat membayar cicilan akan mengurangi skor kreditmu. Skor kredit inilah yang berpengaruh pada mudah tidaknya kamu mengajukan kenaikan limit. Kalau cicilan sering tersendat alamat pengajuan limitmu bakal tertahan. Oh ya, kalau kamu terlambat cicilan meski baru sehari, otomatis status akunmu akan berubah menjadi “Terblokir Sementara”. Dan kamu tidak bisa melakukan transaksi apapun selain membayar tagihan.

Catatan Pinjaman Tunai Kredivo

  • Transaksi pinjaman tunai Kredivo di atas Real dilakukan oleh Krediblog pada tanggal tertera.
  • Detail proses bisa saja berbeda tergantung versi aplikasi yang kamu gunakan dan kapan kamu mengajukan pinjaman.
  • Lama waktu pengiriman atau transfer dana bisa juga berbeda tergantung jam dan hari yang kamu pilih.
  • Jangan malas baca. Biasakan membaca hingga detail terkecil agar tidak kecele.
  • Jika ada masalah pada pengajuanmu, konfirmasikan segera dengan Tim Support Kredivo.

FAQ Pinjaman Tunai Kredivo yang Sering di Tanyakan

  1. Apa itu pinjaman Tunai Kredivo?
    Pinjaman tunai Kredivo adalah pinjaman uang tunai yang diberikan oleh Kredivo yang pengajuannya dilakukan melalui aplikasi.
  2. Apa syarat pinjam tunai di Kredivo?
    Untuk Pinjaman Mini tidak ada syarat, sedangkan untuk Pinjaman Jumbo akun kamu harus Premium.
  3. Bagaimana cara pinjam uang di Kredivo?
    Ajukan, lengkapi dan tunggu. Ajukan pinjamanmu, lengkapi kelengkapan yang dibutuhkan dan tunggu pengajuanmu diterima.
  4. Kapan uang pinjaman Kredivo akan ditransfer?
    Paling cepat kurang dari 1 jam dan paling lama 1 hari kerja.
  5. Bagaimana agar pinjaman Kredivo diterima?
    Pastikan kamu memiliki limit saldo sejumlah uang yang ingin kamu pinjam dan melengkapi semua kelengkapan yang dibutuhkan.
  6. Pinjaman tunai di Kredivo tidak bisa?
    – Update aplikasi Kredivo ke versi terbaru
    – Pastikan limit saldo tersedia atau tidak sedang dalam cicilan pinjaman tunai yang sama
    – Melengkapi semua kelengkapan yang dibutuhkan pada saat pengajuan
  7. Bagaimana cara menambah limit saldo Kredivo?
    – Jaga reputasi kredit dengan terus melakukan transaksi
    – Dan membayar tagihan tepat waktu
    – Ajukan kenaikan limit saldo setiap 3 bulan dari tanggal pengajuan sebelumnya
    – Masukkan jumlah penghasilan yang lebih besar dari yang dimasukkan pada pengajuan sebelumnya

Jika kamu belum bisa mengajukan pinjaman tunai di Kredivo karena ketiadaan limit ataupun karena akunmu belum Premium, kamu bisa coba pinjaman tunai Akulaku, silahkan baca tutorialnya di cara pinjam uang di Akulaku. Selamat mencoba dan semoga sukses mendapatkan pinjaman tunai di Kredivo!